Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Jabatan Sekda Kabupaten Lampung Utara akan Dilelang

Jabatan Sekda Kabupaten Lampung Utara akan Dilelang

150
BERBAGI
Kantor Pemkab Lampung Utara
Kantor Pemkab Lampung Utara

Feaby Handana |Teraslampung.com

Kotabumi — Pemkab Lampung Utara berencana akan melelang jabatan Sekretaris Kabupaten yang telah lama tak bertuan pada tahun 2020 mendatang. Sejak Januari hingga kini tugas dan wewenang posisi tersebut dijalankan oleh Sofyan sebagai Penjabat Sekretaris Kabupaten.

‎”Rencananya, lelang jabatan terbuka untuk posisi Sekda baru dapat dilakukan pada tahun depan,” terang Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melalui Kepala Bidang Mutasi, Promosi, dan Pengembangan BKPSDM, Hendri Dunant, Rabu (6/11/2019).

‎Hendri mengatakan, sejatinya lelang jabatan ini dilakukan beberapa waktu lalu. Namun, lantaran terkendala persoalan teknis seperti kesiapan anggaran dan lainnya, lelang jabatan Sekda ini baru dapat terlaksana pada tahun 2020 mendatang.

“Banyak pertimbangannya makanya lelang jabatan untuk posisi itu baru terlaksana tahun depan,” jelasnya.

Adapun pelbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta lelang jabatan untuk posisi tersebut dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) di antaranya : 1. Memiliki kualifikasi paling rendah sarjana atau diploma IV; 2. Memiliki kompetensi Tehnik, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai standar kompetensi jabatan yang ditetapkan; 3. Memiliki pengalaman Jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan Jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling kurang selama 5 (lima) tahun; 4. Sedang atau pernah menduduki Jabatan administrator atau Jabatan Fungsional (JF) jenjang ahli madya paling singkat 2 (dua) tahun; 5. Memiliki rekam jejak Jabatan, integritas, dan moralitas yang baik; 6. Usia paling tinggi 56 (lima puluh enam) tahun; dan 7. Sehat jasmani dan rohani.

‎”Batas usia maksimal adalah 56 tahun,” terang dia.

‎Disinggung mengenai tertutupnya peluang para pejabat senior Pemkab Lampung Utara termasuk Pj Sekkab sekarang ini untuk mengikuti proses lelang jabatan tersebut, Hendri mengatakan, jika merunut pada PP 11/2017 maka tentu kemungkinannya mereka dapat ikut serta tidak begitu besar.

Kendati demikian, peluang mereka untuk menempati posisi tertinggi di kalangan PNS itu sejatinya tidak seluruhnya tertutup. Sebab, bisa saja salah satu di antaranya pejabat senior tersebut ditunjuk oleh Bupati Lampung Utara untuk mengikuti uji kompetensi jabatan Sekda dengan syarat seluruh hasil uji dari para calon peserta lelang tidak ada satupun yang memenuhi persyaratan.

“Hal itu baru dapat terjadi jika para peserta lelang tidak ada yang dapat memenui persyaratan. Ada aturan yang mengatur hal itu, tapi saya lupa nomor surat dari Menteri PAN&RB,” papar mantan Sekretaris Camat Kotabumi Selatan tersebut.

Loading...