Beranda Hukum Teras Kriminal Jadi Petugas Ronda, AM dan NA Justru Membobol Rumah Warga

Jadi Petugas Ronda, AM dan NA Justru Membobol Rumah Warga

256
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Dua peronda malam, AM dan NA, saat gelar ekspose perkara di Polsekta Kedatonn, Minggu (17/5). Mereka ditahan karena mencuri di rumah warga, di Jl.Sukardi Hamdani, Gedungmeneng, Rajabsa,Bandarlampung.

BANDARLAMPUNG–Dipercaya warga untuk menjadi petugas ronda, AM (39) dan NA (39), justru membobol rumah yang seharusnya diamankannya dari aksi pencuri. Keduanya pun akhirnya dicokok petugas Unit Reskrim Polsekta Kedaton, pada Sabtu (9/5) lalu sekitar pukul 01.00 WIB.

“Tersangka telah melakukan pencurian di rumah milik salah seorang warga, Dodi Oktavian (48) warga Jalan Sukardi Hamdani No. 50 RT 004 Kelurahan Gedungmeneng, Rajabasa, Bandarlampung, pada Senin (27/4) lalu. Rumah yang menjadi sasaran pencurian kedua tersangka, saat itu sedang ditinggal pergi oleh pemiliknya, Padahal. mereka selama ini dibayar menjadi petugas ronda di lingkungan RT korban,” kata Kapolsekta Kedaton, Kompol Sukandar, dalam ekspose perkara, Minggu (17/5).

Menurut Kompol Sukandar, korban yang mengetahui rumahnya telah dimasuki maling, setelah korban pulang pada keesokan harinya. Melihat isi rumahnya banyak yang hilang, korban melaporkan kejadian pencurian itu ke Mapolsekta Kedaton. Petugas yang mendapat laporan dari korban, langsung mendatangi ke lokasi dan melakukan olah TKP serta meminta keterangan dari beberapa saksi.

“Barang bukti hasil curian yang diamankan dari kedua tersangka, yakni barang-barang perabot rumah tangga seperti, satu unit kulkas dua pintu merk Polytron, televisi merk Sharp, blender, dispenser, kompor gas berikut tabungnya, DVD merk Polytron, setrika, kipas angin, magic com, satu set alat kunci mobil dan motor, satu buah lembar karpet dan satu kotak yang berisi batu cincin. Selanjutnya, kedua tersangka dan barang bukti hasil curian dibawa ke kantor guna pemeriksaan lebih lanjut,”kata Sukandar.

Sukandar menjelaskan, dari hasil pemeriksaan keduanya mengakui telah melakukan pencurian di rumah milik korban Dodi dan baru sekali melakukan pencurian. Kedua tersangka yang mendapat giliran ronda malam di wilayah Jalan Sukardi Hamdani, Kelurahan Gedung Meneng, Rajabasa Kota melakukan pencurian di rumah korban dengan cara masuk melalui jendela rumah yang tidak terkunci.

Sebelumnya, kedua tersangka sudah mengetahui kalau rumah yang menjadi sasaran pencuriannya dalam keadaan kosong atau sedang ditinggal pergi oleh pemiliknya. Sebab, selama ini mereka memang dibayar oleh warga untuk menjadi petugas ronda di RT 004 Kelurahan Gedung Meneng, Rajabasa.

“Saat keduanya berhasil masuk rumah itu, keduanya langsung mengambil barang-barang berharga milik korban. Barang hasil curian kemudian dibawa kedua tersangka menggunakan gerobak, dan rencananya barang hasil curian itu akan dijual oleh tersangka,”jelasnya.

Kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Loading...