Beranda Hukum Korupsi Jadi Tersangka Korupsi E-KTP, Setya Novanto ‘Diburu’ KPK

Jadi Tersangka Korupsi E-KTP, Setya Novanto ‘Diburu’ KPK

109
BERBAGI
Setya Novanto

TERASLAMPUNG.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menerbitkan surat perintah penangkapan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP. Namun, hingga saat ini keberadaan Novanto belum diketahui.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah ,mengaku penyidik KPK masih terus mencari Novanto.

“Sampai dengan tengah malam ini tim masih di lapangan (di rumah Setya Novanto). Pencarian masih dilakukan. Kami terus berupaya melakukan pencarian,” kata Febri, di Gedung KPK, Kamis (16/11).

Jika hingga Rabu tengah malam  Novanto belum diketemukan, maka KPK terpaksa akan menerbitkan surat daftar pencarian orang (DPO).

“Kalau belum ditemukan, kami pertimbangkan lebih lanjut dan koordinasi dengan Polri untuk menerbitkan surat DPO,” kata Febri.

“Karena proses penegakan hukum pemberantasan korupsi harus ditegakkan semaksimal mungkin dan prinsip semua orang sama di mata hukum perlu dilakukan sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, KPK sudah meminta Novanto untuk memenuhi panggilan. Hal itu sebagai bentuk kepatuhan terhadap proses hukum.

“Saya kira ini seharusnya menjadi bentuk kepatuhan kita terhadap hukum. Kalau kemudian dipanggil oleh penegak hukum sebaiknya datang,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Seharusnya, kata Febri, pemeriksaan ini dijadikan oleh Novanto sebagai ruang klarifikasi dalam kasus korupsi e-KTP.‎ Terlebih, ucap Febri, fakta-fakta baru sudah muncul di persidangan Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Sebenarnya ini harus dilihat juga sebagai kesempatan atau ruang untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut,” kata Febri.