Beranda News Pemilu 2019 Jadwal Pendaftaran Sudah Ditutup, Berkas Bacaleg PDIP Lampura Belum Lengkap

Jadwal Pendaftaran Sudah Ditutup, Berkas Bacaleg PDIP Lampura Belum Lengkap

565
BERBAGI
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di balik insiden 'pengusiran' dan pelarangan wartawan saat hendak meliput prosesi pengundian nomor urut calon Bupati
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di balik insiden 'pengusiran' dan pelarangan wartawan saat akan meliput prosesi pengundian nomor urut pasangan calon bupati-calon wakil bupati, Selasa (13/2/2018).

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi –‎ Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara (KPU Lampura) belum dapat memastikan apakah PDI-P Lampura‎ masih dapat mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif mereka atau tidak. Kepastian lolos atau tidaknya Bacaleg PDI-P menjadi peserta Pemilihan Legislatif masih menunggu keputusan KPU pusat.

“Kami masih menunggu perkembangan dan kesimpulan dari KPU pusat (terkait persoalan ini),”kata Ketua KPU Lampura, Marthon kepada wartawan melalui ponselnya, Kamis (19/7/2018).

Marthon mengatakan, tersendatnya pendaftaran Bacaleg dari PDI-P ini dikarenakan terdapat berkas administrasi yang diajukan belum memenuhi persyaratan yang diwajibkan. Mereka kemudian diminta untuk memperbaiki berkas tersebut.

‎”PDIP mendaftarkan Bacalegnya di hari terakhir pendaftaran. Saat dilakukan proses (pemeriksaan), terdapat berkas yang tidak sesuai sehingga PDI-P diminta untuk memperbaikinya,” kata dia.

Kendati demikian, PDI-P masih belum dapat memperbaiki berkas tersebut hingga waktu pendaftaran ‎berakhir. Sayangnya, Marthon enggan menjelaskan secara detil berkas apa yang mereka persoalkan itu.

“Namun, hingga batas waktu yang ditentukan, mereka tidak bisa memperbaiki itu,” terangnya.

Seiring dengan berakhirnya waktu pendaftaran, Marthon menuturkan, Sistem Informasi Pencalonan langsung tidak dapat diakses. Tertutupnya akses Silon ini membuat pendaftaran Bacaleg dari PDI-P menjadi tersendat.

“Untuk konsekuensinya, saya belum bisa menyampaikan itu. Sampai sekarang masih menunggu perkembangan lebih lanjut (dari KPU pusat)” terang dia

Di sisi lain, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPC PDI-P Lampura, Rahmat Hartono mengatakan, PDI-P Lampura telah mendaftarkan Bacaleg mereka pada 17 Juli 2018 sekitar 22.00 WIB.

Saat diminta KPU untuk mengakses data Silon, mereka tidak dapat mengaksesnya karena mengalami gangguan. Mereka tidak tahu apa yang menjadi penyebab Silon tersebut mengalami gangguan sehingga menyebabkan pendaftaran mereka terhambat.

“Kami tidak tahu penyebab gangguan tersebut. Karena itu, semua ini kami masih menunggu apa keputusan KPU. Yang pasti kami sudah mendaftar,” paparnya.

Loading...