Jalak Bali Menjadi Logo IBO 2014

  • Bagikan

JAKARTA, Teraslampung.com – Indonesia patut berbangga. Selain dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Biology Olympiad (IBO), fauna khas Bali pun dipilih sebagai logo dalam kompetisi para peneliti muda tingkat dunia ini.

Adalah Jalak Bali, jenis burung endemik khas Indonesia yang habitatnya hanya ditemukan di Bali terpilih menjadi logo IBO 2014. Jalak Bali terpilih sebagai logo karena rupanya yang mencerminkan keindahan Bali dan Indonesia. Burung ini juga dikenal berani, handal dan cerdas, karakteristik penting bagi para ilmuwan muda.

Warna biru di logo ini mewakili baik langit dan laut yang biasanya berhubungan dengan ruang terbuka, kebebasan, dan ekspansif. Merah dan putih yang dibawa oleh huruf O mewakili bendera Indonesia sebagai negara tuan rumah.

Burung terbang menunjukkan kesadaran dan daya saing. Diyakini, IBO 2014 di Indonesia akan menerbangkan ilmuwan muda untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi dan menumbuhkan semangat persahabatan.

Sejak tahun 1991, Jalak Bali secara resmi ditunjuk sebagai simbol fauna Bali. Burung yang dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Leucopsar rothschildi ini, merupakan salah satu fauna yang terancam punah. Akibat perburuan liar, habitat burung ini nyaris hilang. Dengan dijadikannya Jalak Bali sebagai logo IBO 2014, diharapkan burung ini semakin dikenal dan semakin dilindungi.(Dewira/R/kemendibud)

  • Bagikan