Beranda Views Suara Publik Jalan Desa Margototo Lampung Timur Makin Rusak Parah

Jalan Desa Margototo Lampung Timur Makin Rusak Parah

229
BERBAGI
Pemakai jalan di ruas Desa Margoto, Kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur harus antre untuk bisa melintas di jalan yang tidak berlubang. Hal itu sering menyebabkan kemacetan.
Pemakai jalan di ruas Desa Margoto, Kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur harus antre untuk bisa melintas di jalan yang tidak berlubang. Hal itu sering menyebabkan kemacetan.

Jalan Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur kini semakin rusak parah. Padahal, ruas jalan tersebut merupakan alternatif menuju Bandar Lampung serta sebagai jalan penghubung antara Metro dengan Metro Kibang.

Ruas jalan tersebut banyak lubang menganga. Jika hujan turun,  jalan berlubang dipenuhi air sehingga berubah menjadi kubangan. Para pemakai jalan –terutama pengguna kendaraan roda dua– yang tidak hafal jalan itu akan mudah terperosok ke kubangan yang dalam karena tidak terlihat mana kubangan yang dalam dan mana kubangan yang tidak dalam.

Jalan Margototo selama ini menjadi jalan utama menuju Metro. Banyak kendaraan yang berlalu-lalang di jalan ini mulai dari anak yang mau berangkat sekolah, orang mau kerja atau ada yang mau pergi ke Bandar Lampung. Ramainya pengguna jalan sering mengakibatkan kemacetan yang cukup panjang. Bahkan pada saat Lebaran tahun 2019 kemacetan sangat parah. Pengendara hanya bisa melajukan mobilnya dengan sangat pelan. Kemacetan ini diakibatkan jalan yang rusak serta jembatan yang kecil sehingga pengendara harus bergantian lewat. Pengendara roda empat dari arah Bandar Lampung menuju Metro harus bergantian dengan kendaraan dari arah Metro menuju Bandar Lampung.

Tak jarang banyak pengendara yang saling berebut ingin lewat terlebih dahulu karena mereka takut telat bekerja ada yang takut telat masuk sekolah sehingga menyebabkan kemacetan semakin parah. Banyak pengendara berebut hanya demi bisa melintas di jalan yang tidak berlubang. Akibatnya, tak jarang terjadi adu mulut sesama pemakai jalan.

Warga sekitar yang terkadang menimbun lubang-lubang jalan itu agar lubang tidak terlalu dalam. Biasanya warga menimbun lubang menggunakan tanah liat ataupun batu. Tetapi ketika hujan datang, lubang yang ditimbun dengan tanah akan jadi sangat licin karena tanah yang terguyur hujan.Hal tersebut bisa membahayakan pengendara.

Warga sekitar serta pengguna jalan berharap jalan rusak tersebut segera diperbaik. Jika ruas jalan ini terus dibiarkan seperti sekarang, dikhawatirkan kerusakan akan makin parah. Mobilitas dan aktivitas warga pun sangat terganggu. Belum lagi dampak sosial lainnya.

Pengirim: Dewi Rintania
Dusun I RT/RW: 005/005 Desa Margototo
Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur

Loading...