Jalan K.S. Tubun Kotabumi Seperti Tempat Pembuangan Akhir

Kondisi kedua sisi Jalan KS Tubun Kotaalam, Lampung Utara yang dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Kondisi kedua sisi Jalan KS Tubun Kotaalam, Lampung Utara yang dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Tumpukan Sampah di pinggiran Jalan Karel Satsuit Tubun, Kotaalam, Lampung Utara kian hari kian menggila saja. Bahkan, saat ini jalan tersebut tak ubahnya seperti tempat pembuangan akhir sampah.

Pantauan di lokasi, tumpukan sampah memanjang di sisi kiri dan kanan jalan. Jika diperkirakan, tumpukan sampah itu mencapai panjang sekitar 200-an meter. Kebanyakan sampah berasal dari rumah tangga.

“Mohon kiranya pihak pemerintah memperhatikan kondisi Jalan KS Tubun karena sudah seperti tempat pembuangan akhir sampah,” kata Yadi, warga sekitar, Jumat 4/8/2023).

Ia menjelaskan, tumpukan sampah di sana sangat mengganggu kenyamanan warga dan para pengguna jalan. Sebab, tumpukan sampahnya di kedua sisi jalan semakin hari semakin panjang saja. Panjangnya dapat mencapai sekitar 200-an meter.

“Selain menimbulkan bau busuk saat hujan, sampah ini juga kerap terbakar dan menimbulkan asap pekat yang bisa mengganggu pandangan pengguna jalan,” jelasnya.

Keluhan serupa juga disampaikan oleh Fadli, warga lainnya. Menurutnya, panjangnya tumpukan sampah di sana harus segera dibersihkan. Sebab, selain mengganggu pemandangan dan kenyamanan, tumpukan sampah ini juga akan membuat orang luar yang kebetulan melintas berpikir bahwa pemkab tidak mampu menjaga lingkungannya tetap bersih.

“Bagusnya dipagar saja pinggiran jalan di sana, atau terapkan denda bagi warga yang masih bandel buang sampah di sana,” kata dia.