Beranda News Nusantara Jalan Menuju Candi Muara Takus Amblas 20 Meter

Jalan Menuju Candi Muara Takus Amblas 20 Meter

453
BERBAGI
Ruas jalan menuju Candi Muara Takus amblas,Minggu,25 Desember 2017.(Foto: goriau.com)

TERASLAMPUNG.COM — Jalan yang menghubungkan lokasi wisata Candi Muara Takus dan beberada desa lainnya di Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar-Riau Amblas, Senin (25/12/2017) subuh tadi. Jalan tersebut ambas karena cukup tingginya intensitas curah hujan yang terjadi semalam.

Seperti dilaporkan goriau.com, jalan amblas ini tepat di Kilometer 4 Pematang Kuras (Tangkue), Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar. Panjang jalan amblas itu sekitar 20 meter dengan ketinggian satu meter.

Akibat jalan amblas itu, akses jalan dari Bangkinang menuju beberapa desa, yaitu Pongkai, Koto Tuo, Koto Tuo Barat, Muara Takus, Gunung Bungsu dan Enam Desa di Kecamatan Koto Kampar Hulu menjadi terganggu.

Aparat kepolisian setempat dibantu warga yang mengetahui peristiwa tersebut sudah turun ke lokasi untuk membantu pengendara yang hendak melintas. Dengan alat seadanya seperti papan, setidaknya jalan amblas tersebut dapat dilalui sementara.

Mobil dan sepeda motor tak bisa melaju sebagaimana mestinya. Pelan-pelan, kendaraan-kendaraan tersebut lewat pada titian papan yang sudah disediakan, dengan diarahkan kepolisian dan warga agar tidak ke luar jalur, yang dapat membuat kendaraan terpuruk.

Masyarakat dan polisi pun bahu membahu membantu kendaraan yang melintas tersebut. Pasca kejadian, sejumlah personel Polsek XIII Koto Kampar, dipimpin langsung Kapolseknya AKP Budi Rahmadi sudah ke lokasi. Ada juga personel Satlantas Polres Kampar.

Diharapkan, amblasnya jalan menuju Candi Muara Takus dan sejumlah desa lainnya tersebut dapat segera diperbaiki oleh pihak terkait, sehingga tidak menyulitkan masyarakat saat beraktivitas sehari-hari, apalagi jalan itu menghubungkan antar desa.
Memang dalam dua hari belakangan, intensitas hujan cukup tinggi disejumlah wilayah di Riau. Guyuran hujan kerap melanda mulai petang hingga malam, dengan durasi yang cukup lama. Begitu pula halnya di Kota Pekanbaru, Riau.

Mulai Diperbaiki

Dua alat berat dikerahkan untuk melakukan perbaikan sementara, pasca amblasnya jalan di Kilometer 4 Pematang Kuras (Tangkue), Desa Binamang Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Alat berat tersebut juga sudah bekerja melakukan penimbunan menggunakan material tanah dan kerikil, agar akses jalan bisa dilewati oleh kendaraan. Sebab, jalan tersebut tidak hanya digunakan ke Candi Muara Takus, melainkan kebeberapa desa lainnya.

Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto pada Senin (25/12/2017) sore menuturkan, pasca peristiwa tersebut, siang tadi pihak Dinas PU, kepolisian dan TNI serta perwakilan pemerintah sudah mengecek langsung ke lokasi, agar segera diambil langkah cepat.

“Alat berat sudah datang, ada dua unit, jadi ditimbun dulu jalan yang amblas itu sehingga bisa dilewati. Analisa sementara, mungkin karena faktor hujan, nah, bagaimana pastinya tunggu pengecekan ahli,” kata Kapolres Kampar,seperti dilansir goriau.com, Minggu (25/12/2017),

Sementara, jalan tersebut sudah bisa dilewati oleh roda dua dan empat, pasca ditimbun dengan material. AKBP Deni juga memastikan, kejadian tersebut tidak menganggu aktivitas arus kendaraan masyarakat yang menghabiskan liburan di jalur Lintas Barat (Riau – Sumbar via Kampar, red).

“Tidak, karena lokasinya di dalam, bukan di jalan utama jalur lintas. Jadi tidak menganggu aktivitas. Siang tadi volume kendaraan cukup padat di Lintas Barat karena masih suasana liburan. Itu dari kedua arah (Riau – Sumbar dan Sumbar – Riau, red),” katanya.

TL/goriau.com

Loading...