Jalan Sanggau atau Kubangan Kerbau: Inilah Cara Anak Muda Menyindir Pemerintah yang Miskin

  • Bagikan

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

JAKARTA--Indonesia sebenarnya kaya raya. Kekayaan alamnya melimpah ruah. Namun, akibat salah urus negara, kemiskinan masih merebak di mana-mana. Salah satu bukti bahwa negara Indonesia miskin adalah gencarnya kampanye anak-anak muda di dunia maya untuk mengumpulkan sumbangan Rp 1000 guna membangun jalan Sanggau, Kalimantan Barat yang kini hancur lebur bak kubangan kerbau.

Selain kampanye lewat instagram yang dilakukan Rohani Sawaliah–yang mentok di dinding Instagram Ibu Negara Ani Yudhoyono–sekelompok anak muda juga gencar kampanye di Twitter, Facebook, dan Kaskus. Dengan cukup kreatif mereka membuat banner dengan tulisan yang menohok, memakai huruf besar: “AYO BANTU PEMERINTAH YANG MISKIN”, “PERCUMA BAYAR PAJAK!”, “SUMBANGAN 1000 RUPIAH UNTUK PERBAIKAN JALAN KABUPATEN SANGGAU”.

Mereka juga merekam lagu  yang menceritakan ironi di negeri ini. Lagu itu kemudian disebar di jejaring media sosial, termasuk di Youtube. Tentu, karena mereka bukan peserta audisi Indonesia Idol, maka jangan nilai kualitas suara vokalisnya. Yang penting pesan mereka sangat gamblang dan mengetuk pintu hati tiap orang yang mendengarnya.

Lagu segar bisa diintip di sini:

  • Bagikan