Beranda News Nasional Jamaah Haji Indonesia yang Lakukan Nafar Awal Mulai Bergerak ke Makkah

Jamaah Haji Indonesia yang Lakukan Nafar Awal Mulai Bergerak ke Makkah

112
BERBAGI
Jamaah haji Nafar kembali ke pemondokan usai lempar jumrah di Jamarat, Selasa (13/8/2019). Foto: Kemenag.
Jamaah haji Nafar kembali ke pemondokan usai lempar jumrah di Jamarat, Selasa (13/8/2019). Foto: Kemenag.

TERASLAMPUNG.COM — Sebagian jamaah haji Indonesia yang memilih nafar awal mulai kembali ke pemondokan di Makkah pada Selasa (13/08).

Nafar awal artinya meninggalkan Mina setelah melontarkan ketiga jumrah (ula, wustha, dan aqabah) yang masing-masing dilempar sebanyak tujuh kali pada tanggal 12 Dzulhijjah. Sedangkan jamaah haji yang meninggalkan Kota Mina setelah melemparkan ketiga jumrah pada tanggal 13 Dzulhijjah disebut nafar tsani.

“Alhamdulillah sejak tadi ba’da subuh dari posko tenda misi haji di Mina bertolak menuju jamarat, dan sebagian mereka sudah membawa tas kecilnya, jadi mereka sudah akan menyelesaikan nafar awalnya,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin, Selasa (13/8/2019).

Menurut Menag, kegiatan penyelesaian lempar jumrah bagi para jemaah yang mengambil nafar awal ini tidak mengalami kendala yang berarti meskipun kemarin Mina sempat diguyur hujan lebat serta pemadaman listrik guna menghindari korsleting. “Jadi sejauh ini pelaksanaan lontar jumrah di jamarat berlangsung dengan baik, meskipun kemarin ketika ada hujan deras beberapa tenda di maktab mengalami pemadaman listirk,” kata Menag.

Menag juga bersyukur, secara bertahap listrik dapat dippulihkan kembali. “Kemudian memang juga ada beberapa maktab yang agak terlambat pemadamannya tapi itu juga bisa diatasi,” kata Menag.

Sementara Kasatgas Mina Akhmad Jauhari menyampaikan sedikitnya ada sekitar 120 ribu jemaah haji yang menyampaikan untuk menyelesaikan nafar awalnya. “Mulai jam 07.00 waktu arab saudi pagi tadi, jemaah yang telah menyelesaikan nafar awal mulai diantar ke pemondokan masing-masing, dan akan berakhir pada pukul 17.00 sore ini,” tutur Jauhari.

Jemaah nafar awal adalah jemaah yang memilih untuk meninggalkan Mina pada 12 Zulhijjah. Sementara, jemaah Nafar Tsani bertahan sampai 13 Zulhijjah.

Loading...