Beranda Hukum Kriminal Jambret Ditangkap Anggota Kodim 0424 Tanggamus Saat Terjebak Macet

Jambret Ditangkap Anggota Kodim 0424 Tanggamus Saat Terjebak Macet

197
BERBAGI
JP (30), warga Pekon Banjarmasin, Kecamatan Kota Agung Barat, Tanggamus saat menunjukkan barang bukti hasil jambretan di depan Kapolsek Kota Agung, AKP Syafri Lubis.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

TANGGAMUS– Penjambret berinisial JP (30), warga Pekon Banjarmasin, Kecamatan Kota Agung Barat, Tanggamus ditangkap anggota Kodim 0424 Tanggamus saat pelaku terjebak macet  di Jalan lintas barat (Jalinbar) Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur, Jumat 12 Oktober 2018 sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapolsek Kota Agung, AKP Syafri Lubis, pelaku ditangkap usai menjambret Reni Herlinda (40), warga Pekon Kagungan, Kecamatan Kota Agung Timur, saat korban hendak menjemput anaknya pulang sekolah di SMP Muhamadiyah Kota Agung.

“Ya benar, pelaku JP ditangkap oleh anggota Kodim 0424 Tanggamus, saat pelaku terjebak lalu lintas yang padat di Jalinbar tepatnya di lokasi proyek perbaikan gorong-gorong didepan Makodim 0424 Tanggamus. Saat ini pelaku dan barang bukti yang disita, sudah diamankan di Mapolsek kota Agung guna penyidikan lebih lanjut,”ujarnya kepada teraslampung.com, Jumat 12 Oktober 2018.

AKP Syafri Lubis mengungkapkan, penangkapan itu berawal ketika anggota kodim 0424 Tanggamus yang mendengar teriakan korban Reni minta tolong, saat itu juga anggota Kodim tersebut langsung mendekatinya dan menangkap pelaku JP saat berusaha kabur ketika pelaku terjebak lalu lintas yang padat di lokasi areal proyek perbaikan gorong-gorong didepan Makodim 0424 Tanggamus.

“Jadi saat di lokasi perbaikan gorong-gorong itu, pelaku JP sempat membuang barang bukti dompet dan ponsel hasil jambretan. Korban dengan cepat meminta bantuan, sehingga pelaku akhinya dapat ditangkap dan tidak bisa mengelak lagi,”ungkapnya.

Menurutnya, keberhasil penangkapan pelaku jambret tersebut, tidak luput dari peran korban yang sudah berusaha untuk mengejar pelaku usai merampas barang berharga miliknya dengan meminta pertolongan warga.

“Saat melakukan akisnya, pelaku JP mengendarai sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam plat nomor BE 7379 VN,”bebernya.

AKP Syafri Lubis mengutarakan, modusnya, pelaku membuntuti korban dari arah Pekon Kagungan. Sesampainya di Jalinbar Kecamatan Kota Agung Timur, pelaku langsung merampas barang berharga korban yang ditaruh didashboard motor Honda Beat dan pelaku langsung kabur ke arah Kota Agung.

“Barang bukti yang disita, satu buah dompet, ponsel merk Oppo dan uang Rp. 337 ribu milik korban. Selain itu juga, sepeda motor yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya,”terangnya.

Akibat perbuatannya, pelaku JP terpaksa harus mendekam di sel tahanan Mapolsek Kota Agung dan dijerat Pasal 365 KUHPidana, dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 9 tahun.

Loading...