Beranda Teras Berita Inilah Aneka Khasiat Madu (Asli)

Inilah Aneka Khasiat Madu (Asli)

3555
BERBAGI
Tawon penghasil madu (Ist)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Kasiat madu sudah tersiar sejak zaman Rasulullah SAW. Bahkan, di Zaman Yunani Kuno, cairan yang dihasilkan oleh lebah atau tawon itu sudah diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Tidak hanya berfungsi untuk menjadikan tubuh lebih sehat, tetapi juga diyakini bisa mencegah an menyembuhkan penyakit.

Catatan sejarah yang bisa melacak peran madu bagi maunusia misalnya bisa dilihat dari gambar pada dinding di sebuah gua di Valensia, Spanyol. Pada dinding gua itu ada gambar yang usianya sudah puluhan ribu tahun, memperlihatkan dua laki-laki menggunakan tangga yang terbuat dari sejenis rumput liar sedang meraih sarang lebah berisi madu.

Di Indonesia, banyak perusahaan madu yang memproduksi madu dalam kemasan; baik di dalam botol maupun dalam bentuk sachet. Namun, meskipun produsen sering mengklaim madu asli, tetapai sulit membuktikan keasliannya. Utamanya pada saat membeli. Ketika madu sudah dibeli dari supermarket  atau toko dan disimpan di rumah selama beberapa beberapa hari, barulah ketahuan bahwa madu itu tidak seratus persen asli.

Yang paling aman dan meyakinkan tentu saja kalau membeli madu dari produsen yang memang memelihara lebah madu. Namun,masalahnya,  tidak semua daerah ada petani madu. Meskipun begitu, masih cara terbaik untuk mendapatkan madu asli.Misalnya dengan memanfaatkan jaringan peternak madu atau penjual madu asli yang banyak ditemui di dunia maya. Para relawan lingkungan pendamping petani biasanya juga akan ringan tangan jika dimintai tolong untuk mencarikan relasi di kampung (biasanya di tepi hutan) yang beternak madu.

Berikut ini adalah aneka manfaat madu bagi manusia:

1. Manfaat Madu untuk Kesehatan

Meskipun sekarang ini ada kecenderungan madu lebih banyak dimanfaatkan untuk produk kecantikan, namun tetap saja fungsi utamanya yaitu untuk kesehatan manusia. Nah, di bawah ini beberapa manfaat madu untuk kesehatan:

Melawan Parasit
Minuman yang terbuat dari madu, cuka, dan air adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi masalah perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran bahan tersebut merupakan pelawan parasit.

Melawan Insomnia
Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Mengobati Radang Tenggorokan
Dalam berbagai penelitian klinis, madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan air lemon untuk mendapatkan khasiat sehat lainnya. Dalam beberapa penelitian, madu terbukti efektig bisa mengobati radang tenggorokan dan juga batuk. Anda semua juga bisa mengkonsumsi madu secara langsung yang dicampur dengan air lemon agar bisa membuat tubuh anda tetap sehat.

Sumber Karbohidrat
Siapa sangka madu mengandung karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh? Jika Anda terbiasa untuk menikmati minuman berenergi saat merasa lelah atau bangun tidur, cepat ubah konsumsi Anda menjadi madu untuk menggugah energi dan menyegarkan tubuh. Madu memiliki kandungan karbohidrat murni yang bisa memberikan energi kepada tubuh anda semua. Saat merasa lelah mungkin anda terbiasa meminum minuman bernergi, agar lebih sehat memang sebaiknya anda mengubahnya dengan mengkonsumsi madu sehingga akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan berenergi.

Sumber Glukosa
Selain karbohidrat, glukosa pada madu juga efektif dalam mengurangi rasa lelah yang Anda alami. Selain karbohidrat, glukosa yang cepat diserap oleh tubuh akan menjadi pembangkit energi saat Anda merasa lelah. Madu mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa menjaga tubuh dari serangan radikal bebas, bahkan antioksidan yang dinamakan dengan Pinocembrin ini hanya bisa ditemukan pada madu. Dengan kandungan tersebut maka bisa membuat tubuh anda lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Sementara itu, Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan.



Sebagai Antiseptik
Selain radang tenggorokan, khasiat madu yang mampu membunuh bakteri juga ampuh digunakan sebagai antiseptik pada luka luar. Madu dianggap menjadi salah satu obat pertolongan pertama yang mengobati luka terbakar maupun teriris benda tajam. Selain itu, madu adalah agen anti-inflamasi yang mencegah radang dan pembengkakan. Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Mengikuti bangsa mesir kuno setelah menempuh kajian untuk menemukan fakta ilmiah, salep madu untuk luka kini di produksi di Australia.

Untuk Antioksidan
Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

Dalam dunia pengobatan masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.

Sebagai Antibiotik
Setelah ribuan tahun digunakan, khasiat madu sebagai obat luka terungkap secara ilmiah. Madu bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri mematikan. Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.

Untuk Terapi
Bangsaa Mesir dikenal paling piawai meramu obat dari bahan-bahan alami. Madu termasuk dalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan modern yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir puas dengan hasilnya.

Untuk Mengobati Borok
RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health misalnya, Menerapkan terapi madu bagi borok yang diderita penderita diabetes. Uji coba terhadap seorang pasien berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok pada jari kakinya. Sang pasien bahkan tidak jadi diamputasi berkat terapi madu tersebut.

Membuat Awet muda
Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

2. Manfat Madu untuk Kecantikan

Madu asli dari hutan

Banyak produk kosmetik saat ini banyak sekali yang memanfaatkan ekstrak madu untuk mengambil khasiatnya. Inilah beberapa khasiat madu untuk kecantikan:

Mencerahkan Rambut
Ambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Tidak perlu dibilas untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.

Membersihkan Muka
Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka, yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.


Menghilangkan Jerawat
Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.

Mengatasi Bibir Kering, Panas Dalam, dan Sariawan
Kalau Anda bibirnya kering, coba campur madu, minyak zaitun, dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering. Jika Anda memiliki bayi dan bayi Anda terkena sariawan, madu juga bisa dioleskan pada bibirnya agar sariawannya sembuh.

Perawatan Kulit
Madu digunakan untuk mengobati kulit rusak dan regenerasi sel-sel kulit baru. Madu efektif menyembuhkan eksim, dermatitis, dan gangguan kulit lainnya.

Melindungi Kulit
Madu sarat dengan antioksidan alami, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet. Madu dapat digunakan sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. (Dewira/dbs)

Loading...