Beranda Hukum Kriminal Janji Berikan Dana Bantuan Pemerintah, Dua Penipu Gondol Uang Rp135 Juta Milik...

Janji Berikan Dana Bantuan Pemerintah, Dua Penipu Gondol Uang Rp135 Juta Milik Bos Barang Rongsok

69
BERBAGI
Kapolsek Natar, Lampung Selatan, Kompol Listiyono Dwi Nugroho saat mengintrogasi dua tersangka sindikat penipuan berkedok dana bantuan pmerintah, Senin (8/8/2016).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Aparat Polsek Natar, Lampung Selatan, menangkap dua tersangka sindikat penipuan berkedok dana bantuan pemerintah. Polisi menangkap kedua tersangka di rumahnya masing-masing, pada Minggu (7/8/2016) dinihari.

Kedua tersangka yang ditangkap tersebut adalah, Endan Budiyono (45) warga Desa Candimas, Natar, Lampung Selatan dan Wisnu Baroto (49) warga Desa Handuyang, Natar, Lampung Selatan.

Kapolsek Natar, Kompol Listiyono Dwi Nugroho, mengatakan tersangka Wisnu dan Budiyono ini, merupakan bagian dari sindikat penipuan dengan modus menjanjikan akan memberikan dana bantuan pemerintah untuk usaha mikro kepada para calon korbannya.

“Kedua tersangka ditangkap setelah petugas mendapatkan laporan dari korban Hi Bunari, seorang pengusaha rongsokan,”kata Listiyono, Senin (8/8/2016).

Menurut Kompol Listiyono, kedua tersangka awalnya menawarkan dana bantuan kepada korban sebesar Rp 700 juta yang bersumber dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Lampung. Untuk mendapatkan dana tersebut, syaratnya korban harus membayarkan pajak pinjaman terlebih dulu kepada kedua tersangka sebesar Rp 135 juta.

BACA: Bos Barang Rongsok Tertipu Rp 135 Juta karena Penipu Mempertemukannya dengan Kepala Anggaran Pemprov Lampung

“Korban sudah menyetorkan uang kepada kedua tersangka sebesar Rp 135 juta, namun dana bantuan yang dijanjikan itu ternyata tidak ada,”terangnya.

Dari penangkapan kedua tersangka, petugas menyita tiga lembar kwitansi pembayaran dari korban senilai Rp 135 juta dan satu lembar bukti untuk pencarian dana bantuan pemerintah tersebut.

Loading...