Jateng Juara Umum LPIR 2014

  • Bagikan
Para juara LPIR 2014. (dok kemendikbud)

Tangerang, Teraslampung.com--Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2014 tingkat SMP di Tangerang Selatan, Banten, Senin, (13/10/2014). Panitiam menetapkan naskah penelitian terbaik bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan, serta bidang Ilmu Teknologi dan Rekayasa, bersamaan dengan acara penutupan lomba.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi perlombaan, terpilihlah Jawa Tengah menjadi Juara Umum LPIR 2014 dengan 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu, disusul oleh Provinsi Banten dengan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu serta Jawa Timur dengan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud ini berlangsung selama empat hari pada tanggal 9-13 Oktober 2014. Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud menutup kegiatan ini dengan penyerahan medali kepada para pemenang LPIR 2014. “Selamat kepada para pemenang LPIR 2014, jangan merasa puas sampai disini, terus kembangkan penelitian kalian supaya menjadi peneliti yang bermanfaat dan berkontribusi khususnya bagi bangsa Indonesia”  ungkap Hamid.

Hamid mengingatkan agar seluruh finalis yang saat ini belum meraih medali, tidak berhenti meneliti sampai disini. “Tahun depan masih ada kesempatan untuk ikut LPIR 2015 jika masih SMP, walaupun sudah masuk SMA masih ada OPSI dan olimpiade-olimpiade lainnya untuk penelitian”.

Berikut pemenang medali emas LPIR, untuk Bidang IPS dan Kemanusiaan diraih oleh Theodorus Wijaya, Dewi Setyo Rini, dan Putu Dyah Intan Prathiwi, masing-masing dari Provinsi Kalimantan Barat, Jawa Tengah dan Bali.

Untuk bidang IPA dan Lingkungan diraih oleh Gina Caroline Apriliani, Ayubella Anggraini Laksono, dan Vani Citra Nabila dari Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Sedangkan untuk bidang Teknologi dan Rekayasa diraih oleh Mochammad Aburrazaq H, Chisilia Forentina, dan Hirza Safira, masing-masing dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Walikota Tangerang Selatan, Dian Airin Rachmi, selaku tuan rumah LPIR 2014. Airin mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menciptakan budaya meneliti sejak dini. “Budaya semangat dan optimisme untuk meneliti harus kita kembangkan dan semua pihak harus ikut berpartisipasi untuk mendorong budaya meneliti, hal ini dapat dilaksanakan sejak dini, sehingga kedepannya Indonesia akan memiliki peneliti dan penemu yang memberikan kontribusi positif untuk bangsa dan negara” tutur Airin dalam sambutannya.

Dewira/R/Kemendikbud

  • Bagikan