Jelang Akhir Tahun, Serapan BOKB Lampung Utara Masih di Bawah Lima Puluh Persen

Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lampung Utara.
Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lampung Utara.
Bagikan/Suka/Tweet:
TERASLAMPUNG.COM, Kotabumi–Serapan Bantuan Operasional‎ Keluarga Berencana (BOKB) Lampung Utara yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus nonfisik tahun 2022 ternyata masih cukup rendah. Dana BOKB yang terserap masih di bawah lima puluh persen.
“Sampai sekarang serapan BOKB Lampung Utara tahun ini masih di bawah lima puluh persen,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lampung Utara, Muzairin Daud, Senin (28/11/2022).
Muzairin menuturkan, rendahnya serapan BOKB Lampung Utara tahun ini dikarenakan sejumlah kegiatan belum dapat dilaksanakan akibat adanya perubahan aturan ‎seputar BOKB. ‎Kegiatan yang menggunakan dana BOKB itu mulai dari penyuluhan dan pelayanan KB, stunting.
 
“Karena aturannya berubah, terpaksa semuanya harus menyesuaikan sehingga sejumlah kegiatan belum dapat dilaksanakan,” tuturnya.
Ia mengatakan, ‎total dana BOKB tahun ini berjumlah sekitar Rp6 miliaran. Dengan serapan yang masih di bawah lima puluh persen maka anggaran yang telah terserap sekitar Rp3 miliaran. Sistem pencairan dana itu sendiri berdasarkan pada ajuan yang akan disampaikan oleh mereka.
“Dananya itu tidak berada di kas daerah melainkan masih di Pemerintah Pusat sehingga pencairannya tergantung mereka,” jelas dia.
Meski begitu, ia akan berupaya agar serapan BOKB itu dapat terserap secara maksimal sebelum akhir tahun. Kegiatan – kegiatan akan segera mereka laksanakan jika memang telah sesuai dengan aturan terbaru.
“Mudah – mudahan dapat terserap karena ini kan untuk masyarakat Lampung Utara juga,” katanya.