Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Jelang HUT RI, Penjual Bendera Merah Putih Bermunculan di Lampura

Jelang HUT RI, Penjual Bendera Merah Putih Bermunculan di Lampura

607
BERBAGI
Pedagang bendera/umbul - umbul‎ yang mengais rezeki musiman di Kotabumi, Lampung Utara
Pedagang bendera/umbul - umbul‎ yang mengais rezeki musiman di Kotabumi, Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tiap tahunnya selalu menjadi berkah tersendiri bagi pedagang umbul – umbul atau bendera merah putih di pelbagai daerah tak terkecuali di Lampung Utara.

Mereka mencoba memanfaatkan kesempatan tahunan ini untuk mengais rezeki s‎ebanyak – banyaknya. Bahkan, tak jarang mereka sengaja merantau ke luar daerah hanya untuk menjual dagangan mereka seperti yang dilakukan oleh Sodikin.

Pedagang bendera ini sengaja meninggalkan Bandung, kota kelahirannya‎ untuk berjualan bendera/umbul – umbul di Lampung Utara. Hasilnya pun tak sia – sia karena pendapatannya sesuai dengan yang ia harapkan.

“Saya baru jualan di sini sekitar satu minggu lamanya. Alhamdulillah, ‎barang dagangan saya baik itu bendera maupun umbul – umbul banyak yang laku terjual,” terangnya saat ditemui di lokasi dagangannya di pinggir Jalan Alamsyah Ratu Perwira Negara, Kamis (26/7/2018).

Ia mengatakan, sengaja kembali merantau ke Lampung Utara karena peminatnya cukup banyak. Kebanyakan ‎yang membeli barang dagangannya ialah para pengguna jalan yang melintas di jalan yang dijadikannya lokasi berdagang.

“Rata – rata pembelinya ialah pengendara sepeda motor atau mobil. Kebanyakan mereka membeli bendera merah putih kecil untuk dipasang di kendaraan mereka,” katanya.

‎Barang dagangan yang dijualnya dengan harga bervariasi sesuai dengan besar atau kecil ukurannya. Harganya mulai dari Rp5 ribu hingga Rp50 ribu.

‎”Semoga penghasilan yang saya dapat bisa lebih dari tahun lalu atau paling tidak sama dengan yang didapat tahun lalu,” tuturnya.

Di tempat berbeda, Mamat (34), pedagang lainnya mengatakan, berjualan bendera atau umbul – umbul merupakan usaha yang menjanjikan. Inilah yang membuatnya terus menggeluti usaha tahunan ini.

Dalam waktu lima hari terakhir ini saja, ia mengaku, omzetnya sudah mencapai Rp500 ribu‎. Ia juga berharap, penghasilan yang akan didapatnya sesuai dengan yang ditargetkannya.

“Tahun lalu, omzet penjualan saya bisa mencapai Rp5 juta, mas. Semoga tahun ini bisa lebih baik,” selorohnya.

Loading...