Beranda Ruwa Jurai Jelang ‘Musim’ Mudik Idul Fitri, Sejumlah Ruas Jalan di Way Kanan Ditambal

Jelang ‘Musim’ Mudik Idul Fitri, Sejumlah Ruas Jalan di Way Kanan Ditambal

237
BERBAGI

Aan Frimadona Rosa/Teraslampung.com

Perbaikan jalan lintas Sumatera di Way Kanan. 

WAY KANAN – Menjelang saat mudik Lebaran 2014, Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera di Kabupaten Waykanan Lampung pada beberapa minggu terakhir ini mulai diperbaiki. Perbaikan dengan cara penambalan itu difokuskan pada sejumlah ruas jalan lintas Sumatera yang rusak.

Sebelumnya Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera khususnya di Kabupaten Waykanan rusak parah. Banyak jalan berlubang dan bergelombang sehingga membahayakan warga.

Sali, sopir angkot jurusan Baradatu-Bukit Kemuning, mengaku lubang yang cukup banyak dan lumayan besar di Jalinteng di wilayah Way Kanan  itu sering mengakibatkan kecelakaan.

“Syukurlah pemerintah dalam beberapa minggu ini sudah menambal beberapa ruas jalan sehingga jalan agak mulai rata. Perjalanan pun tambah lancar dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” kata Sali, Rabu (16/7).

Berdasarkan pemantauan Teraslampung.com, pengerjaan proyek jalan tersebut kini sudah sampai sampai di Kampung Tiuh Balak, Kecamatan Baradatu. Beberapa lubang besar  telah ditambal. Jalan yang bergelombang juga  sudah diratakan.

Masyarakat setempat berharap pihak Pemkab Way Kanan dan aparat terkait bersikap tegas terhadap para sopir yang tiap hari membawa kendaraan berat untuk mengirim batubara dari Sumatera Selatan menuju Bandarlampung.

“Kendaraan-kendaraaan berat itulah yang membuat jalan cepat rusak, sebab kapasitasnya melebihi ketentuan,” kata Muhammad Erfan, pegiat Lembaga Pemantau Penyelenggara Pemerintah RI.

Menurut Erfan, perbaikan jalan mestinya tidak hanya tambal sulam sehingga tidak membuang-buang anggaran. “Janganlah  dengan dalih perbaikan jalan, tetapi kualitas perbaikannya memprihatinkan. Masyarakat harus kritis dan mengawasi juga melaporkan apabila fasilitas umum baik jalan dan lainya dikerjakan dengan asal jadi,” kata Erfan.

Loading...