Beranda Politik Jelang Ramadhan, DPC PKS Tanjung Karang Barat Gelar Tarhib Ramadhan

Jelang Ramadhan, DPC PKS Tanjung Karang Barat Gelar Tarhib Ramadhan

232
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Menyambut bulan Ramadhan yang mulia, DPC PKS Tanjung Karang Barat  mengadakan tarhib Ramadhan 1436 H, Minggu (31/5) di Aula DPD PKS Bandar Lampung. Kegiatan dibuka oleh Pejabat Ketua DPD PKS Bandar Lampung Aep Saripudin. Beliau mengajak semua kader dan simpatisan untuk tidak berhenti melakukan dan meningkatkan kerja-kerja dakwah terlebih di bulan Ramadhan dimana setiap amal sholih akan dilipat-gandakan pahalanya.

Aep mengatakan, bagi seorang muslim yang taat, menyambut Ramadhan adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Dalam suka cita, ia mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga bisa beramal di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Menurut Aep, ada lima persiapan menyambut Ramadhan yang perlu kader PKS lakukan, yaitu :

1. Persiapan Ruhiyah

Persiapan ruhiyah yang kita perlukan adalah dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas.

2. Persiapan Fikriyah

Persiapan fikriyah yaitu membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan amaliyah di bulan Ramadhan, sehingga ibadah Ramadhan benar-benar efektif. Seperti halnya ilmu tentang kewajiban puasa, keutamaan puasa, hikmah puasa, syarat dan rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, serta sunnah-sunnah puasa. Juga tarawih, i’tikaf, zakat, dan sebagainya.

3. Persiapan Jasadiyah

Ramadhan membutuhkan persiapan jasadiyah yang baik. Ini karena Ramadhan menciptakan siklus keseharian yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Sebagai muslim yang baik kader PKS diharapkan tetap produktif dengan pekerjaannya masing-masing meskipun dalam kondisi berpuasa. Selain itu persiapan fisik juga diperlukan karena kita juga akan melakukan ibadah dalam porsi yang lebih lama dari sebelumnya.

Karenanya kita perlu mempersiapkan jasadiyah kita dengan berolah raga secara teratur, menjaga kesehatan badan, dan kebersihan lingkungan.

  4. Persiapan Maaliyah


Persiapan maaliyah atau persiapan harta yang diperlukan dalam menyambut bulan Ramadhan bukanlah untuk membeli baju baru, menyediakan kue-kue lezat untuk Idul Fitri, dan lain-lain. Kita justru memerlukan sejumlah dana untuk memperbanyak infaq shadaqah, memberi ifthar (buka puasa) orang lain, membayar zakat fitrah dan untuk ibadah yang lainnya. Tentu saja bagi yang memiliki harta yang mencapai nishab dan haul wajib mempersiapkan zakat hartanya.

5. Persiapan Da’wiyah

Adalah persiapan seorang kader PKS dalam merancang kegiatan-kegiatan dakwahnya selama Ramadhan. Berapa kali Ia akan mengisi kultum tarawih, menjadi imam sholat, mengisi khutbah Jumat, membina majelis taklim, sampai dengan menjadi khotib Idul Fitri. Ini harus sudah dirancang sebelum Ramadhan dan diniatkan sebagai amal sholih kader dalam mengajak masyarakat kepada kebaikan.

Rls

Loading...