Jenazah Ani Yudhoyono Tiba di Lanud Halim dan Langsung Dibawa ke Cikeas

Prosesi penyambutan jenazah istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu malam, 1 Juni 2019.
Prosesi penyambutan jenazah istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu malam, 1 Juni 2019.
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM —  Rombongan yang membawa jenazah istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati alias Ani Yudhoyono, tiba di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta. Jenazah Ani dan rombongan yang menumpangi pesawat Hercules C130 VIP ini tiba pada pukul 22.08 WIB.

Turut serta dalam rombongan ini ialah SBY dan kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Ibas, yang terlihat melintas terlebih dulu, berjalan cepat sambil menangkupkan tangan. Matanya masih terlihat sembab.

BACA: Air Mata Cinta SBY Mengiringi Kepergian Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono

“Mohon doanya,” tutur Ibas, kepada para penjemput di Lanud Halim PK.

Rombongan disambut oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga,di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo,Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI, Kapolri, Ketua PB NU KH Said Aqil Siradj, mantan Menteri Perdagangan  Chairul Tanjung.

Ada pula dai Yusuf Mansur, Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Djoko Santoso, politikus Golkar Akbar Tanjung, dan politikus Golkar Fadel Muhammad.

Jenazah mantan ibu negara disambut dengan upacara militer yang melibatkan sekitar 200 petugas.Sejumlah politikus Partai Demokrat dan pelayat juga sudah sejak tiga jam sebelumnya menunggu di lokasi.Beberapa yang hadir di antaranya Andi Arief, Putu Supadma Rudana, Ferdinand Hutahaean, Cipta Panca Laksana, Teuku Riefky Harsya, dan lainnya. Hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

Setelah upacara, jenazah kemudian diberangkatkan ke kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor.

Baca juga: Ani Yudhoyono Wafat, Ini Semangatnya Lawan Kanker

Ani Yudhoyono meninggal di usianya yang menginjak 67 tahun di National University Hospital, Singapura pada hari ini pukul 11.50 waktu setempat. Selama setidaknya tiga bulan terakhir, Ani menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut lantaran penyakit kanker darah yang diidapnya.

Sejak Rabu sore lalu, 28 Mei, kondisi Ani memburuk hingga harus masuk ke ruang Intensive Care Unit (ICU). Dalam keterangannya di Singapura, Dokter Kepresidenan Mayor Jenderal TNI Terawan Agus Putranto mengatakan Ani meninggal lantaran perjalanan penyakitnya.

Terawan mengatakan Ani meninggal dalam kondisi tidak sadarkan diri. Sejak kemarin malam, kata dia, Ani mengalami gagal pernafasan sehingga harus dipakaikan respirator.

“Kesehatan terakhir kemarin membaik, namun tiba-tiba beliau mengalami kemunduran dan itu memang dari perjalanan penyakit,” kata Terawan, dikutip dari siaran Kompas TV.

Kristiani Herrawati lahir di Yogyakarta, 6 Juli 1952 dari pasangan Sarwo Edhie Wibowo dan Sri Sunarti Hadiyah. Ani menikah dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada 1976 dan dikaruniai dua orang putra, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Dari kedua putranya, Ani memiliki empat orang cucu.

TEMPO