JKN KIS PBI Lampung Utara Sedot Biaya Rp14 Miliar per Tahun

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lampung Utara, Ulia Febriyanti
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lampung Utara, Ulia Febriyanti
Bagikan/Suka/Tweet:

Rahmat/Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Jumlah warga Lampung Utara yang mendapat layanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran‎ (JKN-KIS PBI) tahun 2023 mencapai 31.800 jiwa.

“Peserta JKN-KIS PBI Lampung Utara, jumlahnya ada 31.800 jiwa pada tahun ini,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Lampung Utara, Ulia Febriyanti, Senin (14/8/2023).

Ia mengatakan, total anggaran yang dialokasikan oleh Pemkab Lampung Utara untuk pembayaran JKN PBI KIS termasuk peserta bukan penerima upah/PBPU dan bukan pekerja/BP Pemda tersebut mencapai Rp14-an miliar per tahun.

“Para peserta PBI ini merupakan pasien kelas tiga BPJS kesehatan,” terangnya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan fasilitas JKN-KIS PBI di antaranya adalah KTP, KK, dan terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau DTKS. Bagi mereka yang belum masuk ke dalam DTKS, yang bersangkutan dapat mendaftar melalui aplikasi yang disediakan atau juga bisa melalui Dinas Sosial.

“Jadi, pendaftarannya bisa melalui dua cara itu,” kata dia.

Dikatakan olehnya bahwa tiap tahunnya, kuota JKN-KIS PBI selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya. Penambahan itu dikarenakan adanya pengalihan peserta BPJS mandiri menjadi peserta JKN-KIS PBI.

“Mereka yang berasal dari BPJS mandiri akan dibekukan terlebih dulu layanannya sebelum dialihkan ke JKN-KIS PBI,” terangnya.