Beranda News Nasional Jokowi Lantik Tiga Pimpinan Sementara KPK

Jokowi Lantik Tiga Pimpinan Sementara KPK

232
BERBAGI
Tiga pimpinan sementara KPK yang baru saja dilantik Presiden Jokowi, Jumat pagi (20/2): Indriyanto Seno Adji (kedua kiri), Taufiqurachman Ruki (tengah), dan Johan Budi SP (kedua kanan). Foto: dok Sekretariat Kabinet.

JAKARTA, Teraslampung.com — Presiden Joko Widodo melantik tiga pimpinan sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jakarta, Jumat pagi (20/2). Ketiga pimpinan sementara KPK tersebut adalah Taufiqurachman Ruki, Johan Budi SP, dan Indriyanto Seno Adji.

Ketiga pimpinan sementara KPK tersebut dilantik berdasarkan tiga Keputusan Presiden (Keppres). Taufiequrachman Ruki diangkat sebagai ketua sementara KPK menggantikan posisi Abraham Samad, Johan Budi SP diangkat sebagai wakil ketua sementara KPK menggantikan posisi Bambang Widjojanto, dan Prof. Dr. Indriyanto Seno Adji, SH. diangkat sebagai wakil ketua KPK sementara menggantikan posisi Busyro Muqoddas yang sudah habis masa jabatannya.

Pengangkatan ketiga pemimpin baru KPK itu merupakan tindak lanjut dari  pemberhentian sementara dua pimpinan KPK, yaitu Abraham Samad dan Bambang Widjojanto, karena keduanya sedang menghadapi masalah hukum dan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

Presiden selanjutnya mengeluarkan Perppu yang mengatur kewenangan Presiden untuk menunjuk pimpinan sementara KPK agar lembaga itu dapat terus menjalankan tugasnya.

Taufiequrachman Ruki bukan orang baru di lembaga antirasuah itu. Ruki pernah menjabat Ketua KPK periode 2003-2007.

Ruki termasuk sosok cemerlang dalam karier dan berintegritas. Ia merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian tahun 1971 dan pensiun dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal. 

Ia pernah menjabat sebagai anggota DPR, anggota BPK, dan komisaris di PT Krakatau Steel serta Bank BJB.

Johan Budi SP selama ini dikenal sebagai juru bicara KPK yang selalu bicara taktis dan dekat dengan kalangan jurnalis, Sebelum menjadi jubir KPK sejak 2006, Budi merupakan salah satu wartawan andalah Majalah Tempo. Jabatan terakhir Budi di KPK adalah sebagai Deputi Pencegahan.

Sedangkan Prof. Dr. Indriyanto Seno Adji adalah ahli hukum pidana dari Universitas Indonesia. Ia adalah putra mantan Ketua Mahkamah Agung periode 1974-1982, Prof. Dr. Oemar Seno Adji.

Bambang Satriaji

Loading...