Beranda News Nasional Jokowi: Tol Bakauheni-Palembang untuk Antisipasi Mudik dan Pemilu

Jokowi: Tol Bakauheni-Palembang untuk Antisipasi Mudik dan Pemilu

143
BERBAGI
Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meninjau Pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Seksi 3: Kota Baru – Metro, Lampung, Jumat (23/11) pagi.

TERASLAMPUNG.COM — Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas  Bakauheni-Palembang bisa selesai pada April 2019. Target pengerjaan tol sepanjang 350 kilometer itu lebih cepat dari kontraktor yang mentargetkan rampung pada Juni 2019.

Mbok agak maju dikit ke April biar ada manfaatnya,” katanya dalam peresmian pembukaan Kompas100 CEO Forum di Jakarta Convention Centre, Jalan Jend. Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Menurut Presiden, jika target itu terpenuhi selain ada manfaat untuk rakyat juga untuk pertarungan pemilihan presiden 2019. Hadirin tertawa mendengar ucapan itu. Seperti diketahui pemilihan presiden yang diikuti Jokowi akan berlangsung pada 17 April 2019.

Namun Jokowi buru-buru menjelaskan. Menurut dia, jika bisa selesai pada April 2019 maka tol ini bisa digunakan mudik lebaran tahun depan. Sedangkan pengaruh untuk elektabilitas dia saat pemilu bukan yang utama. “Manfaat untuk lebaran. Jangan berpikir ke mana-mana. Biar bisa lebaran dari Jakarta ke Palembang naik mobil. Bukan Pemilu. Tapi itu (pemilu) juga,” ujar dia yang lagi-lagi disambut gelak tawa hadirin.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa sejumlah infrastruktur yang dibangun pemerintah sejak lama segera selesai di akhir tahun ini dan di tahun depan. Ia menyebutkan tol Jakarta-Surabaya serta Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besar siap diresmikan pada Desember 2018. Tol Merak- Banyuwangi yang akan selesai pada akhir 2019.

Beberapa infrastruktur lain yang segera selesai, kata Jokowi, yaitu Pelabuhan Kuala Tanjung, Makassar New Port, dan landas pacu ketiga Bandara Soekarno-Hatta. Jokowi menjelaskan pembangunan ini dalam bertujuan untuk meningkatkan industri pariwisata dalam negeri.

Tempo.co

Loading...