Beranda Teras Berita Jumat, Presiden SBY Awali Kunjungan ke Papua dan Timor Leste

Jumat, Presiden SBY Awali Kunjungan ke Papua dan Timor Leste

170
BERBAGI

JAKARTA, Teraslampung.com — Setelah sempat tertunda selama satu hari karena memantau pembacaan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pasangan calon presiden/calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono, Jumat (22/8) pagi, meninggalkan Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ-2) untuk berkunjung ke sejumlah daerah di Papua dan Bali, serta kunjungan kenegeraan ke Timor Leste.

Presiden dan rombongan dijadwalkan akan mengawali kunjungannya ke Sorong, Papua, untuk selanjutnya menuju Raja Ampat, guna membuka puncak kegiatan Sail Raja Ampat, di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Sabtu (23/8).

Dari Raja Ampat, Presiden SBY dijadwalkan akan berkunjung ke Pulau Mansinam, Manokwari yang merupakan pulau bersejarah bagi perkembangan peradaban bangsa Papua, untuk meresmikan 10 proyek di Provinsi Papua Barat yang dibiayai APBN dan APBD.

Delapan proyek yang akan diresmikan itu di antaranya diketahui bernilai Rp 186,7 miliar, yaitu Jembatan Sungai Klagison Kabupaten Sorong (80 meter) dan peningkatan jalan Fakfak-Kokas di Fakfak (16,1 kilometer).

Lainnya yaitu enam proyek, berada di Manokwari, yaitu pembangunan Jembatan Anggresi (280 meter), peningkatan jalan Warmare Prafi (26 kilometer), pembangunan Jembatan Kali Mantet dan Kali Matoa (240 meter), Pembangunan Jembatan Muari (180 meter), pembangunan Jembatan Sungai Kasi (220 meter), dan pembangunan Jembatan Sungai Masabuy (180 meter).

Setelah meresmikan sejumlah proyek dan menyelesaikan sejumlah agenda di Papua, Presiden SBY dan rombongan selanjutnya akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste.

Selanjutnya, pada Rabu (27/8), Presiden SBY dan rombongan dijadwalkan meninggalkan Bandar Udara Internasonal Presidente Nicolau Lobato, Timor Leste, menuju Denpasar, Bali, guna menghandiri pembukaan The 6th Global Forum United Nations Alliancee of Civilizations yang juga akan dihadiri oleh Sekjen PBB Ban Ki Moon.

Presiden dijadwalkan meninggalkan Denpasar, Bali, sekaligus mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya pada Jumat (29/8) sore.

Mendampingi Presiden SBY pada rangkaian kunjungan kerja kali ini, antara lain, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo. Sementara Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto telah terlebih dahulu berada di Raja Ampat.

Loading...