Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Jumlah TKI Asal Lampura pada 2018 Turun Dibanding 2017

Jumlah TKI Asal Lampura pada 2018 Turun Dibanding 2017

102
BERBAGI
Kepala Imigrasi Kotabumi, Lampung Utara, Bachtiar (kiri)‎
Kepala Imigrasi Kotabumi, Lampung Utara, Bachtiar (kiri)‎

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Total Tenaga Kerja Indonesia yang membuat paspor di kantor Imigrasi Kelas III Kotabumi, Lampung Utara mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Jika tahun 2017 silam, jumlahnya mencapai 2.246, tahun ini jumlahnya hanya 1.999 TKI.

“Tahun ini, TKI yang membuat paspor hanya berjumlah 1.999 orang. Jumlah ini menurun jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2.246 orang,” terang Kepala Imigrasi Kotabumi, Bachtiar, di kantornya, Selasa (23/10/2018).

Bachtiar menyebutkan, ke-1.999 TKI ini tidak hanya berasal dari warga Lampung Utara melainkan berasal dari tujuh kabupaten yang menjadi wilayah kerja kantor Imigrasi Kotabumi. Ketujuh kabupaten itu, yakni Lampung Utara, Lampung barat, Waykanan, Tulangbawang Barat, Tulangbawang dan Mesuji, serta Pesisir Barat.

Menurut Bachtiar, kebanyakan TKI ini masih didominasi oleh kaum perempuan. Ini dibuktikan dengan mencoloknya jumlah perempuan yang membuat paspor dibanding kaum laki – laki.

“Ke-1.999 TKI ini terdiri dari 1.321 perempuan dan 678 laki – laki. Kalau untuk tahun 2017 silam, 2.246 paspor itu terdiri dari 1.821 perempuan dan 425 laki – laki,” urainya.

Lebih jauh ia memaparkan, paspor sendiri terdiri dari paspor umum, diplomatik, dan dinas. Pembuatan paspor umum dilakukan di kantor Imigras. Sementara pembuatan paspor dinas dan diplomatik dilakukan di Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri.

“Paspor umum bisa digunakan untuk semua seperti menjadi tenaga kerja dan lainnya. Kalau paspor diplomatik dan dinas digunakan untuk kepentingan negara,” kata dia.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemohon paspor di antaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP), akta kelahiran dan kartu
Keluarga (KK). Setelah administrasi dinyatakan lengkap, pemohon paspor akan melalui tes wawancara.

“Setiap pemohon pembuat paspor harus diwawancarai setelah berkas persyaratan dinyatakan lengkap,” tuturnya.

Loading...