Kabupaten Lamsel Raih Penghargaan Pangan Tingkat Nasional

  • Bagikan
Kabid Mutu dan Keamanan Pangan BKP Lamsel Ir. Edi Effendi, MM bersama Kasubag Perencanaan Rizki Alfina Kamal serta Kasubid Mutu Pangan dan Gizi Dian Puspitorini , foto bersama para peraih penghargaan APN 2015 Tingkat Nasional, di Hotel Sriwijaya, Jakarta, Senin (21/12) malam.

Iwan J Sastra/Teraslampung.com 

LAMPUNG SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan memperoleh penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) tingkat nasional Tahun 2015 dari 4 (empat) kategori. Penghargaan APN Tahun 2015 tersebut, diserahkan secara langsung oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Gardjita Budi, M. Agr., S.T, kepada masing-masing pemenang, di Hotel Sriwijaya, Jakarta, pada Senin (21/12) malam.

Empat kategori penghargaan APN 2015 tingkat nasional itu, diberikan kepada R. Mulyono dari Desa Pematang Pasir, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan selaku Pemangku Ketahanan Pangan, Sri Harmini SP (PPL Desa Kalirejo, Kecamatan Palas, Lampung Selatan) selaku Pelayan Ketahanan Pangan, Kades Purwodadi Kecamatan Way Sulan, Lampung Selatan.

Kemidian unuk Nurhakim, S. Pd. I selaku Pembina Ketahanan Pangan, dan KUP Pas Mantap Desa Bumidaya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan selaku kategori Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan Industri dan Pangan olahan.

Kabid Mutu dan Keamanan Pangan Ir. Edi Effendi, MM, mewakili Kepala BKP Lamsel Ir. Rini Ariasih menuturkan, penghargaan APN 2015 dari Kementerian Pertanian ini, diberikan kepada empat orang pelaku ketahanan pangan yang dinilai berperan aktif dalam program ketahanan pangan di Kabupaten Lampung Selatan.

Menurutn Edi,  penetapan pemenang tersebut setelah adanya serangkaian proses seleksi dan verifikasi di lapangan oleh tim penilai Adhikarya Pangan Nusantara 2015, yang beberapa waktu telah melakukan verifikasi di tiga kecamatan wilayah Lampung Selatan, yakni Kecamatan Ketapang, Way Sulan dan Kecamatan Palas.

“Mereka ber-empat memang layak untuk mendapatkan penghargaan ini, karena kiprahnya yang tidak mengenal lelah dalam mendukung program ketahanan pangan di kabupaten ini (Lampung Selatan, red),” kata Edi Effendi, kepada Teraslampung.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/12) siang.

APN merupakan penghargaan yang diberikan kepada tokoh yang dinilai berhasil mendorong partisipasi dan kreatif dalam mewujudkan kedaulatan kemandirian pangan.

Pemberian penghargaan ketahanan pangan telah dilakukan pemerintah melalui Departemen Pertanian sejak tahun 1979, dengan menyelenggarakan lomba intensifikasi pertanian.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page