Beranda Ruwa Jurai Kabupaten Tanggamus, Daerah Pertama di Lampung yang Gelar Tes CPNS

Kabupaten Tanggamus, Daerah Pertama di Lampung yang Gelar Tes CPNS

204
BERBAGI

Ilustrasi tes CPNS

Bandarlampung, Teraslampung.com–Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di lingkungan Pemkab Tanggamus mulai digelar  mulai  Rabu (22/10).  Tes dijadwalkan berlangsung selama empat hari yakni Rabu hingga Minggu (22-26/10),  di  STMIK Kota Agung, Tanggamus  dengan  enam shift.

Kepala Badan Kepegawaain Badan Daerah Provinsi Lampung  Sudarno Eddi melalui Kabid Kepegawaain dan Mutasi Herman, mengatakan peserta akan memperebutkan 57 formasi, terdiri dari tenaga teknis 37 dan tenaga kesehatan 20. dengan perbandingan 1:19.

“Kalau untuk pendaftar peserta berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional Kementerian Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi diikuti   1.088 peserta dengan menggunakan 75 alat komputer,” kata Herman.

Menurutnya, pelaksanaan tes itu tidak berubah, sesuai hasil rapat bersama BKN Regional V pada 10-11 Oktober  2014 lalu. Dengan demikian Tanggamus menjadi daerah yang pertama menggelar PNS untuk Lampung. 

“Kita (Pemrov) tidak ada peran dalam pelaksaan tersebut. Karena itu sudah kebijakan Tanggamus sesuai  dengan otonomi daerah,” ujarnya.

Herman menjelaskan  ujian kali ini menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Peserta diberi waktu 1,5 jam untuk mengerjakan 100 soal, dan nilainya dapat langsung dilihat.

Dia mengingatkan, kepada para peserta yang akan mengikuti tes diminta hadir maksimal satu jam sebelumnya, dengan membawa KTP dan kartu tanda peserta ujian. Adapun materi ujian meliputi wawasan kebangsaan, Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Selama pelaksanaan ujian, peserta diharuskan mengenakan pakaian rapi dan sopan berupa kemeja warna cerah, celana panjang atau rok warna gelap dan bukan berbahan jeans, serta memakai sepatu,” jelasnya.

Syailendra A/ Mas Lina Arifin

Loading...