Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Kabupaten Tulangbawang Dinilai sebagai Pelopor di Bidang Bumdes

Kabupaten Tulangbawang Dinilai sebagai Pelopor di Bidang Bumdes

243
BERBAGI

MENGGALA, Teraslampung.com — Forum Badan Usaha Milik Antar Desa (Bumades) Kabupaten Tulangbawang mendapat kunjungan ahli Budan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pusat, Minggu (1/5). Tim Bumades Pusat yang dipimpin oleh Purwoko itu  terdiri ahli pertanian,ahli peternakan ahli IT dan ahli pemberdayaan masyarakat.

Tulangbawang mendapatkan kunjungan karena dinilai sebagai pelopor Bumdes.

“Tulangbawang salah satu pioner pengembangan Bumdes di Indonesia,di harapkan dapat menjadi motor pengembangan Bumdes di daerah lain. Kami iningin mencari formula pengembangan Bumdes dan Bumades sehingga bisa tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan,”kata Purwoko.

Dalam kunjungannya Tim ini melihat langsung potensi pengembangan langsung Bumades di Tulangbawang. Antara lain pengembangan ternak oleh Bumdes Gedungrejosakti, rice milling plan di Desa Andalas Cermin, Kecamatan Rawa Pitu dan  resi gudang di Kampung Sumber Agung, Kecamatan Rawa Pitu.

Zaidirina,SE,MSi, staf ahli bidang Pembangunan SDM dan Kesra Kabupaten Tulangbawang yang turut mendampingi Tim Bumdes Pusat,  mengatakan seluruh kampung yang ada di Tuba sudah terbentuk 147 Bumdes 5 Bumades.

“Bumades bertujuan untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat yang berkelanjutan.Bumades merupakan gabungan dari beberapa Bumdes, dsn dikembangkan berbasis kawasan.  Produk unggulan Bumades Tulangbawang saat ini meliputi komoditas perikanan seperti udang, ikna, beras, dan bidang jasa,” kata dia.

Dirut Bumades PT Ajipitu, Karyadi, mengataka  saat ini Bumadesnya sudah beroperasi bergerak dlm bidang pertanian dan peternskan. Ia menginginkan pendampingan yang lebih intensif dari pemerintah daerah sehinggs Bumadesnya lebih cepat berkembang.

Loading...