Beranda News Pilpres 2019 Kader PDIP Purworejo Copot Stiker Jokowi Jadi Raja Ketoprak

Kader PDIP Purworejo Copot Stiker Jokowi Jadi Raja Ketoprak

653
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Puluhan kader PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo mencopot stiker dan rontek bergambar capres Joko Widodo yang terpasang mobil angkutan perdesaan (angkudes) dan sejumlah pohon. Mereka menilai gambar tersebut tidak sesuai instruksi partai. Dalam stiker itu, Jokowi digambarkan sebagai raja dalam pentas seni kethoprak.

Ketua DPC PDI Perjuangan Purworejo Luhur Pambudi Mulyono mengatakan, kader berinisiatif mencopot karena kecewa dengan pemasangan gambar tersebut. “Kami merasa gambar tersebut tidak pas, dalam demokrasi tidak ada raja-raja yang hanya ada di pentas kethoprak,” tuturnya kepada KRJOGJA.com, Senin (12/11/2018).

Stiker dan rontek itu terpasang selama kurang lebih empat hari terakhir. Luhur mengaku tidak mengetahui pihak yang memasang materi kampanye itu.

Tim kampanye daerah Jokowi – Ma’ruf Amin juga melaporkan pemasangan stiker tersebut kepada tim provinsi. “Sudah konsultasi ke Semarang, keputusannya kami dipersilakan mencopot,” ungkapnya.

Luhur menyebut tidak ada koordinasi antara pihak pemasang dengan tim kampanye kabupaten. “Tiba-tiba sudah ramai, maka kami copot dan simpan di posko menunggu kedatangan orang yang pasang untuk kami klarifikasi. Kami juga gali informasi dari sopir angkutan yang dipasangi stiker,” terangnya.

Selain dapat dianggap melecehkan, lanjutnya, pemasangan stiker kampanye pada kendaraan angkutan umum adalah pelanggaran aturan. “PKPU 23 tahun 2018 tentang Kampanye melarangnya,” ucapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq SH mengapresiasi langkah kader partai mencopot stiker kampanye. Bawaslu, lanjutnya, berencana melakukan koordinasi penertiban dengan Dishub, Satlantas, Satpol PP, KPU dan stake holder terkait lainnya.

“Tetapi peserta pemilu sudah bergerak menertibkan. Hal ini menunjukkan mereka kooperatif dan memiliki semangat dalam mewujudkan pemilu berintegritas,” tandasnya.

KRJOGJA | Teras.id

Loading...