Beranda Pendidikan Kadis Dikbud Lampura: Full Day School, Guru Harus Kreatif dan Inovatif

Kadis Dikbud Lampura: Full Day School, Guru Harus Kreatif dan Inovatif

346
BERBAGI
Suasana sosialisasi rencana pemberlakuan kebijakan sekolah sehari penuh (Full Day School) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara, Suwand‎i

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Utara memastikan siap melaksanakan kebijakan sekolah sehari penuh (Full Day School) pada tahun ajaran 2017/2018 mendatang. Dengan menjalankan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini maka para siswa akan bersekolah dari Senin hingga Jumat.

‎”Inilah alasannya mengapa saya melakukan sosialisasi rencana ini kepada 23 Unit Pelaksana Teknis dan para Kepala Sekolah. Tujuannya, supaya para perangkat sekolah baik SD hingga SMP benar – benar menjalankan kebijakan ini pada tahun ajaran baru mendatang,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suwandi, di SMPN 6 Kotabumi, Senin (12/6/2017).

Dengan sosialisasi ini, kata Suwandi lagi, para UPT dan Kepala Sekolah dapat menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan guna menjalankan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut pada tahun ajaran baru mendatang.‎ Pelbagai persiapan baik sumber daya guru, sarana dan prasarana harus sudah benar – benar memadai karena para siswa akan menghabiskan waktunya seharian di sekolah.

“Jadi, dari Senin hingga Jumat, para siswa akan bersekolah hingga sore. Sedangkan, Sabtu dan Minggu merupakan waktu mereka untuk bercengkerama dengan keluarga,” terangnya.

‎Adapun pelbagai materi sosialisasi yang disampaikan, imbuhnya, ia meminta pihak sekolah sebisia mungkin membuat suasana yang menyenangkan bagi para siswa agar mereka tak kebosanan menghabiskan waktu seharian di sekolah. Untuk itu, para tenaga pendidik harus kreatif dan inovatif sehingga para siswa tak menjadikan full day school ini sebagai momok yang menakutkan.

“Full Day School itu kan masuknya dari pukul 07.30 WIB hingga 15.30 WIB atau dari pagi hingga sore. Jadi, para guru harus kreatif dan inovatif supaya para siswa tetap bersemangat belajar meski seharian di sekolah‎,” jelas dia.

Loading...