Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kadis Disdukcapil Lampura Bantah Ada Pungli di Kantor Kecamatan Sungkai Utara

Kadis Disdukcapil Lampura Bantah Ada Pungli di Kantor Kecamatan Sungkai Utara

278
BERBAGI
Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Utara, Ahar Ujang Salim.

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Azhar Ujang Salim menyatakan kabar tentang pungutan  liar yang dilakukan oknum Kantor Kecamatan Sungkai Utara dalam pembuatan KTP maupun Kartu Keluarga (KK) hanya isapan jempol belaka.

“Begitu dengar ada isu itu, saya langsung turun ke kecamatan tersebut pada Selasa kemarin. Hasilnya, tak ada pungutan liar kepada masyarakat yang dilakukan oknum Kantor Kecamatan,” tegas dia, melalui sambungan telepon, Rabu (21/10).

Azhar Ujang Salim mengatakan, kesimpulan ini didapat setelah pihaknya menanyakan langsung kepada masyarakat sekitar yang sedang mengajukan pembuatan KTP dan KK kepada pihaknya. Ternyata, masyarakat sekitar menyatakan bahwa isu tak benar. Jika pun ada uang yang diberikan masyarakat kepada pegawai Kecamatan, masih menurut dia, uang itu diberikan secara sukarela tanpa paksaan lantaran merasa telah dibantu oleh pegawai Kecamatan.‎

“Kadang kala, karena kantor Disdukcapil letaknya jauh dari tempat tinggalnya, banyak masyarakat di Pedesaan yang menitip pengurusan pembuatan KTP/KK kepada pegawai Kecamatan. Mungkin karena sudah minta tolong, ada masyarakat yang berikan uang secara sukarela kepada pegawai Kecamatan,” tutur pria yang akrab disapa Pak Haji itu.

Anehnya lagi, kata dia, hasil penelusuran pihaknya di lapangan ternyata kabar yang digembar – gemborkan sejak dua hari terakhir ini bukan dihembuskan oleh masyarakat yang membuat KTP/KK di Kecamatan itu.

Enggak tahu niatnya apa, tapi rumor ini bukan datang dari masyarakat yang sedang membuat KTP/KK di Kecamatan itu. Tapi, yang jelas pembuatan KTP/KK itu gratis alias tanpa biaya,” paparnya.‎