Kadis Tenaga Kerja Berharap Tanggamus Segera Miliki Gedung BLK

  • Bagikan
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus, Aswein Dasmi
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus, Aswein Dasmi

Siswanto | Teraslampung.com

Tanggamus – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus, Aswein Dasmi, berharap Kabupaten Tanggamus bisa segera memiliki Balai Latihan Kerja (BLK). Menurutnya, BLK sangat penting  untuk mengurangi angka pengangguran dan kompetensi kerja, serta dapat mengembangkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan kompeten.

“Kami sudah usulkan, dengan syaratnya menyiapkan lahan minimal dua hektare. Di lahan itu dibuatkan gedung untuk pelatihan dan penginapan peserta. Untuk terkait infrastrukturnya kita ajukan ke pusat biar pusat yang membangun,” kata Dasmi, Senin (23/8/2021).

Dasmi mengaku Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanggamus sudah mengusulkan ke Pemerintah Daerah untuk mendirikan BLK di Tanggamus. Namun, sejauh ini belum ada perkembangan.

Dasmi berharap, agar usulan mendirikan Gedung BLK dapat terealisasi secepat mungkin  bisa direalisasikan. Apa lagi, kata Dasmi, berdirinya  Gedung BLK ini juga termasuk  program Bupati Tanggamus 55 Aksi Asik.

Selain itu, menurut Dasmi, pengadaan BLK juga sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

“Apalagi sekarang dengan adanya pandemi Covid-19, sudah pastinya berdampak pada perekonomian masyarakat banyak yang kehilangan pekerjaan nya bahkan ada yang bekerja di perusahaan yang di PHK. Harapan saya dipercepat mendirikan Gedung BLK jika terealisasi, agar di tahun 2022 nanti, minimalnya bisa meletakan batu pertama pembuatan Gedung BLK. Agar nantinya fasilitas itu dapat mengurangi angka pengangguran diusia produktif,” terangnya Dasmi.

Menurut Dasmi, ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan angka tenaga kerja dan dapat menanggulangi tingginya angka pengangguran usia produktif, serta meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Karena nantinya akan memberikan keterampilan  yang dibutuhkan untuk menghadapi tuntunan kerja, meliputi pembinaan fisik, mental, disiplin, motivasi kerja, keselamatan kerja, hubungan kerja, agar tercipta pekerja yang tangguh dan mandiri,” ujar Dasmi.

Dasmi mengatakan, dengan adanya Gedung BLK di Kabupaten Tanggamus, kita bisa memberikan pelatihan-pelatihan kerja sesuai bidang dan kemampuan peserta masing-masing.

“Sehingga bisa menciptakan peluang usaha secara mandiri yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Tanggamus,” ujar Dasmi.

Menurut Dasmi, di Provinsi Lampung baru ada daerah yang memiliki Gedung BLK. Yaitu Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, dan Kabupaten Lampung Utara.

 

  • Bagikan