Beranda Hukum Kalah Dalam Kasus Gugatan Calon Kades, Pemkab Lampura akan Banding

Kalah Dalam Kasus Gugatan Calon Kades, Pemkab Lampura akan Banding

155
BERBAGI
Kantor Pemkab Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara mengaku akan segera mengajukan banding terkait putusan Pengadilan Negeri Kotabumi yang mengabulkan gugatan Syamsi Eka Putra, calon Kepala Desa Bandar Putih.

“Kami sudah rembukan. Kami ambil kesimpulan, kami akan ajukan banding,” tegas Kepala Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Lampung Utara, Hendry‎ melalui ponselnya, Kamis sore (14/12/2017).

Kendati akan ajukan banding, namun Hendry dengan jiwa besar mengakui bahwa gugatan yang bersangkutan memang dikabulkan sebagian oleh Pengadilan. Meski begitu, menurutnya, putusan ini sama sekali tak berpengaruh pada hasil Pemilihan Kepala Desa serentak beberapa waktu lalu.

“Yang pasti, kami akui memang ada gugatan yang sebagian dikabulkan. Kalau untuk hasil Pilkades tidak dikabulkan. Artiny hasil Pilkades sudah sah secara hukum,” kata Hendry.

Hendry membenarkan, pihak Pengadilan memutuskan tergugat pertama (Panitia Pemilihan Kepala Desa) dan turut tergugat (Bupati) mengembalikan kerugian kepada Samsi Eka Putra sebesar Rp25 juta.

“Putusan itu hanya dikabulkan sebagian bahwa tergugat pertama dan turut tergugat dibebankan pengembalian kerugian in materiil sebesar Rp25 juta,” jelasnya.