Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kalangan Dewan Prihatin HUT Lampura Belum Ada Perdanya

Kalangan Dewan Prihatin HUT Lampura Belum Ada Perdanya

420
BERBAGI
Sidang Rapat Paripurna Istimewa HUT Kab. Lampung Utara Ke- 70 di Ruang Rapat DPRD Lampung Utara, Rabu 15 Juni 2016.
Feaby|Teras‎lampung.com

Kotabumi–Belum ditetapkannya HUT Lampung Utara ke dalam Peraturan Daerah (Perda) mengundang keprihatinan wakil rakyat. Padahal keberadaan Perda ini terbilang penting agar HUT Lampung Utara mendapat kepastian hukum.

“Agak miris juga sebenarnya. Sudah setua ini ternyata Kabupaten ini belum menetapkannya HUT-nya secara resmi melalui produk hukum yang sah berupa Perda,” kata anggota DPRD, Syamsu Nurman, usai sidang paripurna perayaan HUT di gedung DPRD, Rabu (15/6).

Meski terkesan sepele, menurut politisi asal PKB ini, keberadaan Perda HUT sangat dibutuhkan agar tanggal lahirnya Kabupaten Lampung Utara mendapat kepastian hukum dan tak lagi dapat diperdebatkan mengenai tanggal lahirnya.

Ia mengibaratkan Perda HUT ini seperti akta kelahiran yang harus dimiliki oleh setiap insan‎. Tanpa akta kelahiran yang sah maka tanggal lahir setiap insan itu masih dapat diperdebatkan.

“Manusia saja harus punya akta kelahiran. Masa ‎Lampung Utara yang digaung – gaungkan sebagai salah satu Kabupaten tertua malah enggak punya Perda HUT-nya. Ini kan aneh namanya,” katanyaa.

Menyikapi polemik ini, Syamsu meminta kalangan eksekutif untuk tidak menyepelekan persoalan Perda HUT sehingga dapat segera merancang Perda HUT untuk disampaikan kepada pihak legislatif. Penyampaian Rancangan Perda HUT harus segera diajukan sebelum sejumlah pelaku sejarah di Kabupaten ini keburu meninggal.

“Terserah mau pakai keputusan Karesidenan tahun 1946 atau Undang – Undang Darurat tahun 1956 dalam penetapan tanggal HUT Lampung Utara‎. Segera sampaikan rancangannya. Mumpung para pelaku sejarah kita masih hidup,” tandas dia.

Sekretaris Partai Golkar Lampung Utara, Karjuli Ali mengatakan akan berusaha mendorong kader – kader partainya yang ada di DPRD untuk mengupayakan adanya Perda HUT. Mengingat keberadaan Perda HUT ini cukup penting bagi masyarakat.

“Kami akan dorong kader – kader partai untuk mengupayakan Perda HUT ini,” katanya.

‎Pada perayaan yang sama, satu tahun sebelumnya, Bupati Agung Ilmu Mang‎kunegara pernah menjanjikan akan menetapkan HUT Lampung Utara ke dalam Perda. Sayangnya, hingga kini, Perda HUT itu masih sebatas wacana dan tak pernah terealisasi.‎ Padahal, kala itu, Bupati sempat mengatakan Perda tentang HUT Lampura sangat penting karena dapat menjadi acuan keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini.

“Makanya tadi kan sudah dibahas dengan Dewan bahwa harus diperdakan tanggal berapa kita lahir karena ini untuk mengukur (keberhasilan) kita,” tuturnya, tahun lalu.