Beranda Teras Berita Kalau Ingin Mendunia, Kuasailah Bahasa Asing!

Kalau Ingin Mendunia, Kuasailah Bahasa Asing!

307
BERBAGI

Beruntung saya bisa hadir di pekan raya buku terbesar di dunia ini. Terimakasih kepada panitia; Kemdikbud dan Komite Buku Nasional, yang berkenan memilih saya untuk ilut di antara 70 orang.

Joko Pinurbo, penyair, mengatakan kepada saya, “Sebetulnya yang paling penting dari acara ini, bagaimana pemerintah mengapresiasi kita, para pelaku seni. Anggap saja ini refreshing, sehingga akan ada ide-ide segar muncul dari kita.”

Selama 6 hari ini, saya menghadiri diskusi Ayu Utami, Wahyu Aditya, Trinity, Augustinus Wibowo, Laksmi Pamuntjak, Leila S. Chudori, Andrea Hirata, dimana mereka mampu memasarkan karyanya ke dunia internasional, karena bahasa asing.

Kepada teman-teman penulis muda (dan relawan Rumah Dunia di Banten), mari kuasai bahasa asing. Tahun 2016 dan seterusnya kita sudah harus mau menulis dalam 2 bahasa.

Saya merasakan betul, setelah 17 tahun bergumul di RumahDunia – hal yang membahagiakan tentunya bersama Tias Tatanka – harus menbenahi lagi karier kepenulisan saya.

Ketika berada di area internasional, saya terpacu untuk mengejar ketertinggalan. Rumah Dunia kini sudah bisa ditangani para relawan.

Saya akan memulai dari Balada Si Roy, Air Mata Kopi, dan Pasukan Matahari. Kita lihat nanti. Apakah Allah masih memberi kesempata, kesehatan, sehingga segalanya dimudahkan. Amien.

Gola Gong


Baca Juga: Golagong, Dunia Ada di Genggaman Tangannya
Baca Juga: Rumah Dunia: Menengok Dunia dengan Aksara