Beranda Pendidikan Kampus Kampus Hijau Gelar ‘Career and Entrepreneurship Day 2014’

Kampus Hijau Gelar ‘Career and Entrepreneurship Day 2014’

196
BERBAGI

Rektor Berharap Unila Lahirkan Pencipta Lapangan Kerja


Rektor Unila Prof. Sugeng P.Haryanto meresmikan Unila Career and Entrepreneurship Day 2014, Selasa (20/5). (Foto: ist)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S., berharap Unila  bukan hanya menghasilkan mahasiswa pencari kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Hal itu diungkapkan Sugeng saat membuka Unila Career and Entrepreneurship Day 2014, Selasa (20/5).

Dalam sambutannya, Guru Besar Manajemen Kehutanan ini menyampaikan rasa bangga atas kinerja Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) Unila dalam melaksanakan Career and Entrepreneurship Day 2014.

“Sebagai pemimpin kampus saya pasti bangga kalau anaknya sukses di mana-mana. Saya berharap mahasiswa Unila tidak melulu mencari kerja tapi berupaya mencetak lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Menurut Sugeng, dengan lima ribu jumlah lulusan setiap tahunnya, ditambah lagi persaingan global tingkat Asia Tenggara maka persaingan yang terjadi ke depan luar biasa ketat. Untuk itu,  mahasiswa dituntut untuk mempersiapkan diri, terutama pengembangan keahlian dan potensi diri. Meskipun ketenagakerjaan juga merupakan peran dan tanggung jawab pemerintah, Unila dipandang perlu menjembatani para pencari kerja maupun perusahaan yang ingin merekrut karyawan.

Sementara itu, Ketua Pusat Jasa Ketenagakerjaan Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., dalam sambutannya berpesan agar seluruh mahasiswa sudah mengembangkan softskill sejak awal. PJK ingin agar mahasiswa tahu bagaimana mengembangkan diri sejak semester dua.

“Kalau bisa sudah punya tujuan di mana akan bekerja atau usaha apa yang akan dikembangkan. Sehingga ketika lulus tidak lagi kesulitan mencari atau mencetak pekerjaan,” kata dia.

Ayi memaparkan, terdapat 28 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unila ini. Selama tiga hari yakni mulai 20-22 Mei mendatang, PJK Unila menggelar dua even, Unila Career Day dan Entrepreneurship Day 2014.

“Ini untuk menampung seluruh minat mahasiswa, karena tidak semua mahasiswa berminat untuk bekerja tapi ada juga yang mau mengembangkan usaha sendiri. Jadi ini harus disinkronkan,” tukas Ayi.

Selain menggelar job fair entrepreneurship, kegiatan yang mengusung tema Bee Hired ini akan menyelenggarakan workshop, pelatihan, field study, pameran, bazar, success story, panggung kreativitas, rekrutmen, career expo, dan gelar company profile. (rl)

Loading...