Beranda Pendidikan Kampus Institut Teknologi Sumatera Diresmikan

Kampus Institut Teknologi Sumatera Diresmikan

419
BERBAGI
Kampus Itera (ist)

Siti Qodratin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG –  Kampus Institut Teknologi Sumatera (Iteras) yang terletak di Kelurahan Jatiagung, Wayhui, Kabupaten  Lampung Selatan, diresmikan setelah pembangunan tahap pertama selesai.

Penanggung Jawab pembangunan dan akademis Kampus ITERA dari Institute Teknologi Bandung (ITB) Wawan Gunawan mengatakan, pembangunan Kampus Itera tahap pertama sudah terbangun gerbang, gedung pengabdian masyarakat, penerangan, infrastruktur jalan serta drainase. Pembangunan tahap pertama berdiri di atas lahan 40 hektare.

“Untuk sementara mereka menjalankan pendidikan di kampus ITB Jatinangor, Jawa Barat. Untuk angkatan berikutnya, mahasiswa Itera bisa menjalankan pendidikannya di kampus yang baru,” kata Wawan Gunawan, Rabu (21/5).

Sampai saat ini kampus Itera sudah menerima dua angkatan, yakni mahasiswa yang masuk pada 2012 (75 mahasiswa) dan 2013 (44 mahasiswa).

Itera memiliki beberapa pilihan jurusan yakni; fisika, teknik geofisika, teknik sipil, teknik geodesi dan geomatika, teknik informatika, teknik elektro, perencanaan wilayah dan kota.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Arinal Junaidi, mengatakan pembangunan fisik Kampus Itera berdiri di atas lahan 285 hektare, hibah dari pemerintah setempat.

“Kampus ini berdiri karena upaya Gubernur Sjachroedin Z.P melobi pemerintah pusat agar Lampung memiliki kampus setara seperti ITB. Untuk angkata pertama, mahasiswa sebagian besar berasal dari Lampung, 40 mahasiswanya mendapat beasiswa dari pemerintah daerah,” kata Arinal.


Berita Terkait: Peresmian Kampus Itera: “Anak ITB” Kini Gelar Kuliah di Kampus Sendiri