Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda Terapkan sistem OSS

Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda Terapkan sistem OSS

184
BERBAGI
Peluncuran sistem One Stop Service di Kantor Imigrasi Kalianda, Kamis (9/7/2015.

Iwan J Sastra | Teraslampung.com

KALIANDA – Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Ham (Depkumham) Provinsi Lampung Dardiansyah mengatakan, dengan diterapkanya sistem One Stop Service (OSS) di Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda, Lampung Selatan, pembuatan paspor akan lebih singkat.
“Melalui sistem OSS ini masyarakat akan semakin mudah dalam pembuatan paspor. Jika sebelumnya pemohon akan datang berkali-kali. Tapi, dengan adanya sistem OSS ini pemohon cukup datang dua kali saja selama pengurusan paspor dan dalam waktu tiga hari paspor sudah bisa diterima oleh si pemohon,”ujar Dardiansyah, kepada Teraslampung.com, usai meluncurkan sistem OSS di Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda, Selasa (9/7).

Dia menjelaskan, pembuatan paspor dengan waktu singkat ini, masyarakat pemohon paspor hanya cukup melalui dua meja saja. Artinya, tidak perlu lagi harus mengantri berulang kali.

“Sebelum adanya sistem OSS, masyarakat pemohon pembuatan paspor harus mengantri berkali-kali seperti pengambilan formulir, foto lalu pembayaran. Namun, untuk sekarang ini, cukup singkat. Dimana, pembuatan paspor sudah bisa langsung di proses,” jelasnya.

Diungkapkannya, dengan dipermudahnya pembuatan paspor melalui sistem OSS, masyarakat pemohon secara otomatis tidak akan lagi di buat repot oleh biro jasa maupun calo.

“Harapan kami penerpan sistem OSS ini akan mengurangi jumlah biro jasa dan calo pembuatan paspor. Bisa jadi lambat laun biro jasa dan calo pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda ini akan menghilang. Sebab, untuk pengurusan paspor saat ini sudah semakin mudah dan biayanya pun tidak terlampau mahal. Selain itu, dalam prosesnyapun sudah transfaran (tidak tertutup, red),” katanya.