Beranda News Pusiban Kanwil Kemenag Lampung MoU dengan KIP Lampung Soal Keterbukaan Informasi Publik

Kanwil Kemenag Lampung MoU dengan KIP Lampung Soal Keterbukaan Informasi Publik

137
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —  Kanwil Kemenag Provinsi Lampung menandatanganan nota kesepahaman (MoU)  dengan Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Lampung berkenaan dengan keterbukaan Informasi Publik Pelayanan Keagamaan dalam rangka Pemeringkatan Keterbukaan informasi Publik. Acara berlangsung  di ruang rapat Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Selasa (23/10/2018).

Kepala Kanwil Depag Provinsi Lampung Suhaili, mengatakan di Kanwil Kemenag pelayanan informasi ke publik berkaitan dengan pelayanan agama islam sudah dilaksanakan dengan baik.
“Allhamdulillah sudah dilaksanakan dengan terbuka dan baik meski belum sempurna, strategi pelayanan terhadap publik sedang dikelola meski belum semua online. Selain Mou dengan Komisi Informasi,kami juga sudah MoU dengan Ombudsman,”katanya.

Meski demikian Suhaili mengakui tidak berharap mendapatkan juara di ajang pemeringkatan keterbukaan informasi publik yang akan digelar pada awal Desember mendatang.
“Kami tidak berharap juara,tapi kami bisa memberikan yang terbaik dalam pelayanan. Disamping itu juga kami membuka kritik yang konstruktif bagi Kemenag Lampung agar pelayanannya bisa lebih baik lagi ,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung Dery Hendriyan mengapresiasi adanya MoU antara tim PPD Kanwil Kemenag Provinsi lampung dan Komisi Informasi .
kami yakin kanwil kemenag akan lebih baik lagi dalam pengelolaan badan publik. Kami bukan mengaudit hanya ingin memastikan keterbukaan informasi publikdalam pelayanan keagamaan dilingkungan Kanwil Kemenag Lampung .


Dery juga menegaskan sebagai seorang pemimpin,kakanwil memegang kendali dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik.

“Disini diperlukan komitmen seorang pemimpin (Suhaili,red) yang memberikan akses informasi dan data dibawah Kanwil Kemenang Provinsi Lampung ,”katanya.

Menurut Dery, diajang pemeringkatan keterbukaan informasi publik tahun ini ada enam kategori dan Kanwil Kemenag sudah tahun kedua mengikuti evaluasi keterbukaan informasi publik.
Disini Kanwil Kemenag sebagai badan publik dan juga  sekaligus mitra strategis dari Komisi Informasi Publik.
“Kita disini tidak membimbing, membantu tapi sifatnya sharing saja dan punya komunikasi yang baik. Selain menandatangani MoU,Komisi Informasi juga melakukan visitasi yaitu mencocokkan dokumen apakah sesuai dengan data yang diisi atau tidak,” jelasnya.

Berdasarkan data dari 40 Kanwil, baru Kanwil Kemenag Provinsi Lampung ini yang berani melakukan MoU keterbukaan informasi publik . Keterbukaan adalah sebuah keniscayaan yang merupakan juga hak asasi manusia atau hak untuk tahu yang ada disebuah negara demokratis dan transparan. Hal ini sejalan dengan UU Keterbukaan Informasi Publik UU nomor 14 /2008.
(Mas Alina Arifin)

Loading...