Beranda Hukum Narkoba Kapolda Lampung: Paket Narkoba Masuk Indonesia Lewat Jalur Pelabuhan Tikus

Kapolda Lampung: Paket Narkoba Masuk Indonesia Lewat Jalur Pelabuhan Tikus

331
BERBAGI

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BAKAUHENI — Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengatakan,  selama satu bulan terkahir ini setidaknya ada 8 kasus hasil ungkap upaya pengiriman paket narkoba lintas pulau dari Pulau Sumatera dengan tujuan Pulau Jawa yang berhasil digagalkan.

BACA: Polres Lampung Selatan Amankan 1,3 Kg Opium di Pelabuhan Bakauheni

“Dari delapan kasus ini, barang bukti paket narkoba yang diamankan jenis sabu dengan berat total 18,8 Kg, lalu ganja 117 Kg, pil ekstasi sebanyak 61.200 butir, pil eremin five 2.500 butir dan narkoba jenis opium sebanyak 1,3 Kg,”ungkapnya, saat mengekspos perkara penyelundupan narkoba, di Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni, Rabu (30 Oktober 2019).

Selain mengamankan barang bukti paket narkoba dalam jumah besar ini, kata Irjen Pol Purwadi Arianto, polisi juga menangkap 17 tersangka.

“Para tersangka yang diamankan ini memiliki peran berbeda  Ada yang menjadi kurir, penerima dan pengendalinya. Modusnya, tersangka menjadi penumpang bus dan ada juga narkoba diselipkan di kendaraan menggunakan jasa paket pengiriman barang,”bebernya.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, untuk narkoba jenis ganja berasal dari wilayah Aceh, kemudian paket narkoba jenis pil ekstasi, sabu, eremin five dan opium disinyalir berasal dari luar negeri. Sejumlah paket barang haram (narkoba) ini, ia menduga masuk ke wilayah Indonesia melalui jalur pelabuhan tikus. Kemudian dikirim ke Pulau Jawa melalui jalur darat, yakni melalui jalur penyeberangan Bakauheni.

BACA: Kapolda Lampung: Paket Narkoba Masuk Indonesia Melalu Jalur Pelabuhan Tikus

“Kalau melihat hasil tangkapan narkoba dalam jumlah besar ini, ada kemungkinan pengendalinya adalah jaringan narkoba internasional,”terangnya.

Kapolda menegaskan, peningkatan dan pengetatan pengawasan guna mencegah upaya penyelundupan narkoba lintas pulau melalui jalur penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, akan terus dilakukan pihaknya Polda Lampung dan Jajaranya Polres Lampung Selatan.

“Yang jelas, pengetatan pengawasan dan pemeriksaan terus di Pelabuhan Bakauheni kita lakukan dan ditingkatkan. Apalagi saat ini sudah ada jalur tol trans sumatera (JTTS), maka mobilitas kendaraan dan masyarakat yang akan ke Pulau Jawa lebih meningkat,”tandasnya.