Karnaval Keprajuritan Nusantara 2015, Tim Lamsel Tampil Memukau

Bagikan/Suka/Tweet:

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

JAKARTA – Puluhan bujang-gadis Lampung yang tergabung dalam Tim Kesenian Lampung Selatan, tampil memukau pada ajang lomba Karnaval Keprajuritan Nusantara (KKN) 2015, yang berlangsung di Plaza Tugu Api Pancasila, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Minggu (15/11).

Dalam lomba tersebut, tim kesenian Lampung Selatan menampilkan atraksi kesenian berupa tari-tarian yang dipadukan dengan drama kolosal yang menceritakan tentang kegigihan Pahlawan Nasional asal Lampung Khadin Intan II, saat berjuang mengusir penjajah belanda di tanah Lampung di tahun 1850-1856.

Atraksi kesenian yang ditampilkan oleh 70 orang seniman asal kabupaten serambi pulau sumatera itu, mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan, khususnya ribuan penonton dari berbagai daerah yang datang ke acara tersebut.

Karnaval Keprajuritan Nusantara 2015 yang rutin digelar oleh pihak TMII setiap tahun itu, diikuti oleh duta-duta seni dari 34 Provinsi se- Indonesia, dengan tujuan untuk mendongkrak seni budaya daerah.

Pantauan Teraslampung.com, usai melakuan atraksi di Plaza Tugu Api Pancasila, seluruh peserta karnaval berjalan mengelilingi anjungan yang ada di lokasi TMII, dengan menempuh jarak 2 km sambil menampilkan visulisasi pahlawan dan prajurit dari seluruh nusantara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan Fauziah Arief mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada tim kesenian Lamsel yang sudah tampil sempurna dalam mengikuti Karnaval Keprajuritan  Nusantara 2015.

Dia berharap, rasa kebersamaan dan kekompakan tim kesenian, mulai dari berlatih hingga tampil bisa terus dipertahankan.

“Mudah-mudahan para seniman muda yang tergabung dalam Tim Kesenian Lamsel ini, bisa terus meningkatkan kreativitasnya dalam berkesenian. Sehingga bisa terus menjaga serta mempertahankan seni budaya yang merupakan aset daerah Lampung Selatan,” harapnya.

Fauziah juga mengucapkan terima kasih, kepada para anggota Komisi D DPRD Lampung Selatan yang sudah menyempatkan waktunya, untuk turut serta menyaksikan penampilan Tim Kesenian Lamsel dalam event Karnaval Keprajuritan Nusantara di TMII.

“Kehadiran anggota DPRD Lampung Selatan dari Komisi D bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para seniman Lamsel yang ikut tampil mewakili Provinsi Lampung dalam even Karnaval Keprajuritan Nusantara 2015,” katanya.