Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara KASN Surati Pemkab Lampura Terkait Mutasi dan Pencopotan Pejabat

KASN Surati Pemkab Lampura Terkait Mutasi dan Pencopotan Pejabat

262
BERBAGI
Tenaga honor‎ di Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Lampung Utara menunjukan bukti surat masuk dari KASN.
Tenaga honor‎ di Bagian Umum Sekretariat Kabupaten Lampung Utara menunjukan bukti surat masuk dari KASN.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi--‎Sejak dua hari terakhir santer terdengar kabar adanya surat dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang dikirimkan kepada Pemkab Lampung Utara. Isinya dikabarkan memuat seputar rekomendasi hasil penyelidikan seputar persoalan promosi/mutasi/pencopotan jabatan yang terjadi di Pemkab Lampung Utara.

Penasaran dengan adanya kabar ini,Teraslampung.com kemudian mencoba menelusuri kabar ini ke Bagian Umum Sekretariat Kabupaten. Sebab, seluruh surat yang ditujukan kepada Pemkab Lampung Utara biasanya terlebih dulu masuk ‎ke bagian itu.

Penelusuran yang dilakukan ternyata tak sia – sia karena salah seorang tenaga honor di bagian itu membenarkan telah menerima surat dari KASN pada Selasa pagi (10/4/2018). Kendati demikian, ia mengaku tidak mengetahui apa sebenarnya isi surat tersebut.

“Benar ada surat yang kami terima dari KASN kemarin siang. Tapi, kalau soal isinya, kami kurang paham,” kata Yuli, ‎honorer Bagian Umum, Rabu, 11 April 2018.

Untuk menguatkan pernyataannya, Yuli pun menunjukan buku catatan surat masuk ‎kepadaTeraslampung.com yang mencatat adanya keberadaan surat itu. Di dalam buku catatan itu tertera nomor surat berikut perihal isi surat.

Surat dari KASN dengan nomor R.758/KASN/4/2018‎ itu berisikan perihal reko‎mendasi atas pelanggaran merit sistem di lingkungan Pemkab Lampung Utara. Surat ini ditujukan kepada Pelaksana Tugas Bupati, Sri Widodo.

“Suratnya sudah dinaikan kepada pak plt bupati‎ melalui Bagian Protokol hari itu juga,” terangnya sembari menunjukan buku catatan seputar surat masuk itu.

‎Sesaat setelah meninggalkan lokasi, Kepala Bagian Umum (yang baru), Adiguna terlihat sedang menuju ruangannya. Teraslampung.comlangsung menghampiri yang bersangkutan untuk mendapat kepastian mengenai isi surat dari KASN yang sempat mereka terima.

“Saya justru belum tahu kalau ada surat itu. Tapi, nanti akan saya tanyakan kepada staf saya,” ‎kata dia.

Di dalam ruangan, Adiguna terlihat sedang bercakap – cakap dengan sejumlah stafnya terkait persoalan ini. Kepadanya, staf Bagian Umum membenarkan telah menerima surat dari KASN pada Senin kemarin (9/4/2018).

“Kami tidak punya wewenang untuk membuka surat itu. Jadi, kami belum tahu mengenai isinya,” jelasnya.

Sayangnya, Pelaksana Tugas Bupati, Sri Widodo belum berhasil dikonfirmasi mengenai isi surat dari KASN. Dengan demikian, hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah isi surat itu benar menyatakan adanya pelanggaran dalam promosi/mutasi/pencopotan ASN dari jabatannya.

Jika memang kabar itu benar adanya, tentu persoalan ini menarik untuk disimak perkembangannya. Di satu sisi, kabar ini menjadi kabar gembira bagi para pejabat yang ‘menolak’ proses tersebut. Di lain sisi, kabar ini diprediksi mampu membuat para pejabat ‘baru’ menjadi tidak nyaman.

Sisten merit (merit system) adalah kebijakan dan manajemen SDM aparatur negara yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar.

Adil dan wajar berarti tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, ataupun kondisi kecacatan.