Kasus Covid-19 di Lapas Kotabumi Lampung Utara Jadi 10

  • Bagikan
Ilustrasi virus Corona/Foto: Pixabay

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Laju penyebaran virus Corona 2019 di Lampung Utara kian tak terbendung. Kini, penyebaran virusnya telah merambah hingga Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kotabumi.

“Dari 23 warga yang positif Covid-19 hari ini, satu di antaranya merupakan warga binaan Lapas Kelas II Kotabumi,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian ‎Mauli, Rabu (23/6/2021).

‎Kembali ditemukannya satu kasus positif di Lapas ini menambah panjang daftar warga binaan Lapas yang terpapar. Setidaknya telah ada sekitar sepuluh warga binaan yang terbukti positif terkena Covid-19.

“Sejak beberapa hari terakhir, sudah ada sekitar sepuluh warga binaan yang positif. Bahkan, ada juga pegawainya yang terpapar,” katanya.

Menyikapi ‎temuan tersebut, Dian mengatakan, pihak Dinas Kesehatan akan segera melakukan rapid antigen dalam satu atau dua hari ini. Rapid ini dimaksudkan untuk memastikan siapa saja warga binaan yang telah atau belum terpapar.

“Pastinya sudah diisolasi di sana. ‎Cuma di ruang mana, saya belum tahu,” jelas dia.

Sementara mengenai 22 pasien positif lainnya, Dian Mauli mengatakan, satu di antara ke-22 pasien itu meninggal dunia pada Selasa (22/6/2021). Pasien yang meninggal dunia itu berinisial Pa asal Desa Negaratulang Bawang.‎

“Saat itu,Pa sempat dirawat di RS Handayani Kotabumi dengan gejala pneumonia berat,” tuturnya.

Adapun inisial ke-21 pasien lainnya adalah NF, So, Du, Tu (Desa Sukamenanti), Tu, PH dari Semuliraya, BP, El dari Kelapatujuh, Na dari Ogantujuh, PS, APYS dari Tanjungbaru. ‎

Lalu, De, Su dari Tanjungsenang, SF dari Bukitkemuning. Kemudian, HA dari Sribasuki, ‎SL dari Ibuljaya, FL dari Bumirestu, Ng dari Bumijaya, Su dari Sawojajar, dan Su dari Wonomarto, serta MA dari Tanjungharapan.

Sayangnya, hingga pukul 20.46 WIB, Kepala Lapas Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman belum berhasil dihubungi. Pesan singkat yang dikirimkan melalui WhatsApp masih belum mendapatkan respon.

Total kasus Covid-19 Lampung Utara kini nyaris menyentuh angka 2.000, tepatnya 1.961 kasus. 69 orang di antaranya ‎meninggal dunia, dan 1.566 dinyatakan selesai isolasi. Sisanya sedang menjalani isolasi.

  • Bagikan