Kasus Gratifikasi APBD, KPK Turun ke Lampung untuk Periksa Para Anggota DPRD Tanggamus

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan usai menjalani pemeriksaan di SPN Kemiling, Bandarlampung, Kamis (14/4/2016).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) RI, Senin (6/2/2017) turun ke Lampung memeriksa sejumlah anggota DPRD Tanggamus terkait kasus dugaan gratifikasi APBD 2015 yang menyeret mantan Bupati Tanggamus, Bambang Kurniawan sebagai tersangka.

BACA: Dugaan Gratifikasi Bupati Tanggamus, KPK Periksa Para Anggota DPRD di SPN Kemiling

“Ya benar, hari ini penyidik KPK ke Lampung melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi anggota DPRD Tanggamus terkait indikasi kasus pemberian suap dengan tersangka Bambang Kurniawan,” kata juru bicara KPK, Febri Diansyah melalui ponselnya, Senin (6/2/2017).

Febri tidak bisa menyebutkan berapa anggota DPRD Tanggamus yang akan diperiksa penyidik KPK RI. Berbeda dengan pemeriksaan terdahulu yang dilakukan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Kemiling, pemeriksaan kali ini rencananya akan dilakukan di  Mapolsekta Telukbetung Selatan, Bandarlampung.

Seperti diketahui dalam kasus tersebut, KPK terus mengebut untuk mendalami siapa saja yang terlibat dalam kasus dugaan gratifikasi APBD Tanggamus T. A 2015.

Menurut KPK, masih ada beberapa anggota DPRD Tanggamus, belum melaporkan atau mengembalikan uang yang diterima dari tersangka Bambang Kurniawan.

“Untuk kasus tersebut, pastinya ada pemberi ada juga penerimanya. Nah, karena itulah kami masih dalami kasusnya,” kata Febri.

Sementara Kapolsekta Telukbetung Selatan, Kompol Listiyono Dwi Nugroho saat ditemui membenarkan, bahwa adanya pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPRD Tanggamus yang dilakukan KPK RI di kantornya Mapolsekta Telukbetung Selatan.

“Ya benar, ada pemeriksaan yang dilakukan oleh satu tim penyidik dari KPK RI dan jami hanya membantu memfasilitasi saja,”ujarnya.

Menurutnya, mereka (penyidik KPK), menggunakan ruangannya untuk dijadikan tempat pemeriksaan. Mengenai pemeriksaan tersebut, sudah dikomunikasikan oleh ketua tim penyidik jauh hari sebelumnya.

BACA: KPK Akhirnya Tetapkan Bupati Tanggamus Sebagai Tersangka Kasus Gratifikasi

“Saya dan ketua tim penyidik KPK, dulunya satu angkatan dengan saya semasa di Akpol,”ungkapnya.

Pemeriksaan tersebut, kata Listiyono, rencananya akan berlangsung mulai pagi hari hingga sore. Kendati demikian, Listiyono mengaku, belum mengetahui sejauhmana pemeriksaan tersebut berlangsung.

“Tapi yang jelas, pemeriksaan akan berlangsung hingga sampai selesai,”pungkasnya.

Pantauan teraslampung.com, pada Senin (6/2/2017) siang, sejumlah anggota DPRD Tanggamus tersebut, diperiksa oleh penyidik KPK RI di ruangan Kapolsekta Telukbetung Selatan. Namun para awak media, tidak bisa melihat berlangsungnya pemeriksaan anggota DPRD Tanggamus tersebut.

  • Bagikan