Beranda Hukum Narkoba Kasus Narkoba, Formacita Desak Sekda Tanggamus Ditahan dan Dipecat

Kasus Narkoba, Formacita Desak Sekda Tanggamus Ditahan dan Dipecat

326
BERBAGI
Aksi para anggota Formacita di depan Mapolda Lampung, 2 Februari 2017. Mereka mendesak Sekda Tanggamus ditahan dan dipecat karena kasus sabu-sabu.

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Kasus Narkoba yang menjerat Sekda Tanggamus, tersangka Mukhlis Basri dan diduga sudah tidak ditahan. Akibatnya, mematik puluhan orang yang terdiri dari para aktivis, LSM, para ibu rumah tangga (IRT), buruh, mahasiswa dan warga Tanggamus yang tergabung dalam Forum Masyarakat Cinta Tanggamus (Formacita) menggelar aksi unjukrasa di depan Mapolda Lampung, Kamis (2/2/2017).

Dalam aksinya, mereka menuntut agar penyidik Polda Lampung tidak melepaskan Sekda Tanggamus, Mukhlis Basri yang terlibat dalam kasus narkoba. Para pengunjukrasa, meminta juga agar penyidik Polda segera percepat proses hukumnya untuk segera disidangkan.

Para pengunjukrasa meminta, agar pihak kepolisian bertindak tegas dan adil menangani kasus Mukhlis yang terlibat narkoba. Jangan dikarenakan anaknya Mukhlis, merupakan seorang jaksa di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung. Sehingga penindakannya, dinilai tidak tegas dan adanya tebang pilih.

Massa aksi yang tergabung dalam Formacita, menuntut agar Mukhlis Basri dipenjarakan dan pecat Sekda Tanggamus non aktif tersebut secepatnya.

Sekretaris Formacita, Ella dalam aksinya dan pernyataan sikapnya mengatakan, aksi yang digelarnya ini merupakan aksi damai untuk mengawal kasus Sekda Tanggamus, Mukhlis Basri hingga sampai ke meja hijau.

“Ironis dan memalukan, seorang pejabat (Sekda) tertangkap membawa pil happy five diduga mau menggelar pesta narkoba. Apalagi saat ditangkap, sedang bersama wanita di dalam kamar hotel,”ujarnya, Kamis (2/2/2017).

Menurutnya, hingga saat ini Mukhlis tidak ditahan, sedangkan banyak kasus narkoba yang menjerat masyarakat biasa kedapetan membawa narkoba langsung ditahan dan segera disidangkan.

Perbuatan yang dilakukan Mukhlis sebagai tersangka narkoba, sudah mencoreng nama pemerintah Kabupaten Tanggamus yang saat ini sudah genap berusia 20 tahun. Selain itu juga, sudah melukai warga Tanggamus.

“Kami dari Formacita, akan terus mengawal kasus hukum Mukhlis. Hal ini kami lakukan, tidaklah lain sebagai bentuk keprihatinan dan seruan moral,”ungkapnya.

Dikatakannya, Formacita tidak akan membiarkan dia (Mukhlis), bisa bebas dan dengan leluasa melakukan lobi politik dan uang untuk membebaskan dari jeratan hukum. Pihaknya juga, menuntut pemecatan Mukhlis dari jabatannya sebagai Sekda Tanggamus secara permanen.

“Kami semua (warga Tanggamus) tidak mau ada pejabat apalagi dipimpin oleh tersangka narkoba dan asusila,”jelasnya.

Selanjutnya, perwakilan aksi dari Formacita tersebut, diterima oleh Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Lampung, AKBP Yunia dengan menyerahkan pernyataan bukti dukungan Formacita terhadap Polda Lampung dalam penanganan kasus Sekda Tanggamus, Mukhlis Basri.

“Mereka menggelar aksi itu, terkait penanganan kasus Mukhlis Basri. Mereka juga menyatakan dukungan, dan akan mengawal pemeriksaan Sekda Tanggamus,”ujar Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Lampung, AKBP Yunia.