Beranda Hukum Kasus Pengemplangan Pajak Rp 6 M, Kejati Tunggu Pelimpahan dari PPNS

Kasus Pengemplangan Pajak Rp 6 M, Kejati Tunggu Pelimpahan dari PPNS

218
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Ilustrasi pajak (dok liputan6.com)

BANDARLAMPUNG-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung mengaku masih menunggu pelimpahan tersangka dan barang bukti tersangka Sidik Purnomo, Komisaris PT Kedaton Agri Mandiri (KAM), dalam kasus dugaan penggelapan pajak sebesar Rp6 miliar dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kanwil Dirjen Pajak Lampung.

“Saya tidak tahu kapan mereka akan melimpahkan karena berkasnya sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh kami,” kata Kasipenkum Kejati Lampung, Yadi Rachmat, Rabu (4/2).

Yadi menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan apakah nantinya Sidik Purnomo akan dilakukan penahanan atau tidak, mengingat tersangka Deusti Setiadi usai dilimpahkan tahap II langsung dilakukan penahanan.

“Kalau soal ditahan atau tidaknya itu tergantung dari jaksa penyidik,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Selasa (3/2) lalu, Kejati Lampung menerima pelimpahan tahap II atasnama tersangka, Deusti Setiadi (42), Direktur PT Kedaton Agri Mandiri (KAM) dari PPNS Kanwil Dirjen Pajak Lampung. Usai diperiksa, warga Bandung, Jawabarat itu langsung dijebloskan ke rutan Wayhui. Baca: Tersangka Pengemplangan Pajak Rp 6 M Ditahan Kejati

Kasus yang menyeret Direktur dan Komisaris itu terungkap setelah tim PPNS Kanwil Dirjen Pajak Lampung melakukan penyelidikan pada tahun 2012. Dimana, kedua tersangka dalam pelaksanaan hak dan kewajiban wajib pajak tidak menyampaikan SPT PPN masa PPN dalam kurun waktu Januari 2011 hingga September 2011 yang mencapai Rp6 miliar untuk jenis usaha pupuk yang dipungut pajak 10 persen.