Beranda Politik Kasus Seleksi Anggota Bawaslu Lampung, KRLUBP Sampaikan Tuntutan di Sidang Perdana DKPP

Kasus Seleksi Anggota Bawaslu Lampung, KRLUBP Sampaikan Tuntutan di Sidang Perdana DKPP

277
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Koalisi Rakyat Lampung untuk Pemilu Bersih (KRLUBP), Selasa (10/10/2017) akan menjalani sidang perdana atas gugatannya di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Jakarta.

Dalam agenda sidang perdana itu, DKPP akan mendengarkan tuntutan dari KRLUPB atas Ketua Bawaslu RI dan Ketua Bawaslu Lampung.

Kordinator KRLUPB, Rahmat Husein mengatakan, Selasa (10/10) besok pihaknya, akan menghadiri sidang perdana di DKPP dengan menyampaikan tuntutan atas laporannya.

“Selasa (10/10) KRLUPB akan mengikuti sidang di DKPP dengan agenda mendengarkan tuntutan dari KRLUPB. Karena beberapa hari lalu, kami melaporkan ketua Bawaslu RI dan Ketua Bawaslu Lampung ke DKPP,” kata Husein, Senin (9/10) sore.

Husein mengatakan langkah KRLUPB terus berjuang secara konsisten bukan karena kebencian personal tapi demi mengungkap sisi-sisi kebenaran terkait Bawaslu RI maupun Bawaslu Lampung periode yang lalu maupun Bawaslu Lampung periode terbaru.

“Ini dilakukan agar marwah dan kejujuran akan selalu ada di institusi Bawaslu Lampung dalam menjalankan peran dan fungsinya mengawasi rekrutmen kepala daerah yang bebas kepentingan modal swasta maupun penyalahgunaan dana rakyat (APBD),” ungkapnya.

Rahmat Husein berharap kedepan dalam rekrutmen kepala daerah, pemilu legislatif dan pilpres tidak dinodai oleh penyelenggara yang tidak jujur.

“Harapannya agar rekruitmen kepala daerah, pemilu legislatif, dan pilpres yang jujur tidak dinodai oleh penyelenggara atau pengawas yang tidak jujur, pengawas yang bersembunyi dibalik ketidaknetralannya,” ujarnya.

Dengan begitu, lanjutnya, dalam penyelenggaraan pemilu dapat benar benar diawasi oleh pengawas yang kapabel dan berintegritas.

“Kami menginginkan pengawas yang mampu menjamin pelaksanaan pilkada, pileg, dan pilpres sesuai hati nurani rakyat dengan berjalan di rel aturan dan hukum,” ucapnya.

Dalam sidang besok, KRLUPB, kata Rahmat membawa serta setumpuk dokumen yang diperlukan dalam sidang DKPP tersebut.

“Sambil membawa tumpukan dokumen, dengan rendah hati dan riang gembira, kami menyambut sidang gugatan kami di DKPP besok pagi,” ucapnya.