Beranda Hukum Kasus Sengketa Lahan, Bupati Pesibar Dilaporkan ke Polda

Kasus Sengketa Lahan, Bupati Pesibar Dilaporkan ke Polda

282
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal dilaporkan ke Mapolda Lampung, terkait dugaan penyerobotan lahan seluas 4,7 hektare. Salah satu ahli waris pemilik laan, Isna Adianti, melaporkan Bupati Pesisir Barat ke Mapolda Lampung beberapa minggu lalu dengan nomor Laporan Polisi No. LP/B-/092/IX/2017.

Pada lahan yang diklaim dimiliki oleh Tabrani tersebut, sempat terpasang plang yang bertuliskan “Tanah Milik Pemerintah Daerah Pesisir Barat”.

Isna Adianti mengatakan, pihak keluarga pernah menanyakan dasar hukumnya kepada Pemkab Pesibar. Sayang, tak satupun pejabat yang bersedia memberikan keterangan.

“Setelah saya menanyakan hal itu, mereka tidak ada yang bisa ditemui. Saya pernah menemui salah satu dari tiga pegawai yang diperintahkan oleh Bupati untuk memasang plang tersebut. Pegawai itu mengatakan, dia hanya menjalankan perintah saja,” terangnya, Sabtu (7/10).

Isna mengatakan sudah pernah melarang petugas untuk memasang plang kepemilikan Pemda. Sambil juga menegasakan tanah ini tersebut merupakan milik Tabrani.

“Padahal sudah diberitahukan, tapi tetap dipasang. Sudah ada plang yang saya pasang dengan menunjukan bahwa tanah itu milik ahli waris Tabrani. Mereka saat itu mengatakan hanya mengikuti perintah dari Bupati, setelah dipasang dan difoto plang tersebut kemudian dibawa lagi oleh mereka,” jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa tanah seluas 4,7 hektare tersebut benar adalah milik ahli waris Tabrani. Tanah tersebut telah diwariskan olehnya beserta tiga lainnya yakni Aria Resukia, Anda Mulia, dan Anggun Arif Nur.

“Sebelumnya tanah itu juga pernah ada yang mengakui dengan empat surat yang sama. Saat itu juga kami pernah menjalani sidang dan kami telah memenangkannya. Putusan itu dikeluarkan oleh Putusan Pengadilan Tinggi (PTUN) Tanjung Karang dalam perkara Nomor 67/Pdt/2016/PT. Tjk tanggal 30 Desember 2016 yang telah berkekuatan hukum tetap (inkrah),” katanya.

TL/HLS