Beranda Hukum Kriminal Kawanan Perampok Bersenjata Api Gasak Uang Rp150 Juta di Way Kanan

Kawanan Perampok Bersenjata Api Gasak Uang Rp150 Juta di Way Kanan

618
BERBAGI
Ilustrasi

Zainal Asikin| Teraslampung.com

WAY KANAN — Komplotan perampok bersenjata api laras panjang dan pendek berjumlah delapan orang, menyatroni rumah Tukiran (45), warga Kampung Kalipapan, Kecamatan Negeri Agung, Way Kanan, Kamis dinihari (19/10/2017) sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah menganiaya korban hingga mengalami luka lebam diwajah, komplotan perampok tersebut menggasak uang senilai Rp 150 juta dan pershiasan emas seberat 70 gram.

Kapolres Way Kanan, AKBP Doni Wahyudi saat dikonfirmasi melalui ponselnya membenarkan adanya peristiwa perampokan yang terjadi di Kampung Kalipapan di rumah salah seorang warga bernama Tukiran (45). Akibat dari kejadian itu, Tukiran bersama istrinya mengalami luka lebam dibagian wajahnya.

“Menurut keterangan korban, pelaku berjumlah delapan orang dan mereka memakai cadar. Dari delapan orang pelaku, empat pelaku yang membawa senjata api laras panjang dan pendek,”ujarnya kepada teraslampung.com, Kamis (19/10/2017) siang.

Para pelaku, kata Doni, masuk ke rumah korban sekitar pukul 03.00 WIB dengan mendobrak pintu depan menggunakan balok kayu. Setelah berada didalam rumah korban, para pelaku langsung menodongkan senjata api kearah korban.

Mereka juga mengacak-acak seluruh isi ruangan, saat kejadian kondisi rumah korban suasana gelap karena para pelaku sengaja memadamkan lampu agar wajahnya tidak diketahui oleh korban.

“Pelaku menganiaya korban dengan memukuli wajahnya, lalu para pelaku menggasak uang milik korban sebesar Rp 150 juta serta perhiasan emas kurang lebih seberat 70 gram yang disimpan didalam kamar korban dan anaknya,”ungkapnya.

Warga bersama anggota Bhabinkamtibmas yang rumahnya berdekatan dengan korban, lanjut Doni, sempat berusaha mengejar komplotan pelaku perampokan tersebut. Anggota sempat mengarahkan tembakan ke pelaku, namun para pelaku membalas dengan tembakan. Karena membahayakan, warga dan anggota mundur lalu melaporkannya ke Mapolres Way Kanan.

Petugas langsung mendatangi lokasi kejadian, dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

‘Hasil olah TKP, ditemukan balok kayu berukuran 6×12 dan satu buah senter. Selain itu juga, ditemukan sandal dibelakang rumah korban. Sandal tersebut, diduga milik pelaku yang tertinggal saat mantau diatas pohon,”terangnya..

Dikatakannya, saat ini komplotan perampok bersenjata api yang kabur menuju kearah Lampung Utara, sedang dilakukan pengejaran oleh petugas gabungan. Dalam pengejaran, petugas menemukan uang Rp 50 ribu yang tercecer di daerah Mararantih, Lampung Utara.