Beranda News Bandarlampung Kebakaran Gudang Intan Salon di Langkapura, Kerugian Rp 1 Miliar Lebih

Kebakaran Gudang Intan Salon di Langkapura, Kerugian Rp 1 Miliar Lebih

678
BERBAGI
Gudang Saloin Intandi Langpura, Bandarlampung, ludes terbakar.
Gudang Saloin Intandi Langpura, Bandarlampung, ludes terbakar.(Foto: Teraslampung.com/Zainal Asikin)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Kebakaran yang menghanguskan seiisi gudang perlengkapan rias pengantin dan perlengkapan chatering “Intan Salon” (Gallery Wedding Art) di Jalan Purnawirawan Raya, Gang Swadaya, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura mengakibatkan kerugian mencapai Rp 1 miliar lebih.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung menyatakankerugian yang terjadi di gudang Intan Salon ditaksir mencapai Rp 200 juta. Namun pihak keluarga korban menaksir kerugian akibat kebakaran itu mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Kerugiannya nggak cuma p 200 juta, sebab yang kebakaran sebelumnya saja yang isi didalamnya tidak seberapa banyak dengan kejadian kebakaran gudang yang sekarang itu kerugiannya Rp 1 miliar. Jadi perkiraan kami untuk kebakaran kali ini, senilai Rp 1 miliar lebih karena sebagian rumah juga terbakar,”kata Hedy, kakak tertua Joswin yang turut mengola usaha Gallery Wedding Art yang terbakar tersebut, kepada teraslampung.com, Minggu 1 April 2018.

Hedy mengatakan, saat terjadinya kebakaran, selain menghanguskan seisi barang yang ada di dalam gudang, ada beberapa barang yang hilang di rumah tepat didepan gudang yang habis dilalap api.

“Maklum saja mas, namanya banyak orang jadi ada barang yang hilang seperti ponsel dan beberapa barang-barang kecil lainnya,”terangnya.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi digudang yang dirintis bersama adiknya Joswin tersebut, diduga adanya sabotase bukan lantaran arus pendek listrik (korsleting) atau disebabkan kompor yang meledak atau lainnya. Pasalnya di gudang yang terbakar itu, belum terpasang saluran listrik dan di dalamnya hanya berisi perlengkapan rias pengantin dan cathering saja.

“Kalau dugaan kami adanya sabotase, dan ini baru dugaan saya saja. Tapi yang jelas, saya serahkan masalah ini ke pihak kepolisian yang sudah melakukan olah TKP untuk mengusut penyebab terjadinya kebakaran ini,”tandasnya.

Sebelumnya, sebuah gudang perlengkapan rias pengantin dan perlengkapan chatering “Intan Salon” (Gallery Wedding Art) milik Joswin yang terletak di Jalan Purnawirawan Raya, Gang Swadaya V RT 11/LK 1, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Bandarlampung ludes dilalap sijago merah, Minggu dinihari 1 April 2018 sekitar pukul 02.45 WIB.

Meski api menganguskan seluruh isi bangunan gudang berukuran 20 x 40 meter, tidak terjadi adanya korban jiwa. Namun mengakibatkan kerugian materil berupa perlengkapan rias pengantin berupa steoroform serta barang lainnya dan perlengkapan chatering, yang ditaksir mencapai sekitar Rp 200 juta.

Terpisah, Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Harto Agung Cahyono saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran di gudang perlengkapan rias pengantin dan perlengkapan chatering “Intan Salon” (Gallery Wedding Art) tersebut, dengan mendatangi lokasi melakukan olah TKP, mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan saksi.

“Penyebabnya masih diselidiki, kami belum bisa menyimpulkan apakah karena korsleting listrik atau ada penyebab lainnya. Kalau sudah ada hasilnya, nanti akan saya sampaikan,”ungkapnya.