Beranda Hukum Kejari Bandarlampung Musnahkan BB Narkoba, Senpi Ilegal, dan Pipa Gading

Kejari Bandarlampung Musnahkan BB Narkoba, Senpi Ilegal, dan Pipa Gading

203
BERBAGI
Barang bukti narkoba, senjata api ilegal, dan gading gajah dimusnahkan Kejari Bandarlampung, Kamis (26/1/2017).

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Kejaksaan Negeri Bandarlampung memusnahan barang bukti narkoba, senjata api ilegal, dan pipa gading gajah di Kantor Kejari Bandar Lampung, pada Kamis (26/1/2017) sekitar pukul 10.00 WIB. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut, telah memiliki putusan hukum tetap (Inkracht).

Beberapa barang bukti yang dimusnahkan tersebut, yakni narkoba jenis sabu-sabu, ekstasi dan ganja. Kemudian barang bukti lain yang dimusnahkan, puluhan senjata api ilegal dan pipa gading gajah.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandarlampung, Hentoro Dwi Cahyono mengatakan, pihaknya melakukan pemusnahan barang bukti tersebut, karena perkaranya sudah inkracht atau memiliki keputusan hukum tetap.

“Perkaranya sudah inkracht, untuk itu barang buktinya harus segera musnahkan,”ujarnya, Kamis (26/1/2017).

Hentoro mengutarakan, barang bukti yang dimusnahkan adalah berupa, narkoba jenis sabu-sabu seberat 557 gram, pil ekstasi sebanyak 421 butir dan ganja seberat 937 gram. Barang bukti narkoba tersebut, dimusnahan dengan cara dilebur menggunakan alat blender dan dibakar.

“Tidak hanya narkoba saja yang dimusnahkan, barang bukti lain yang dimusnahkan adalah senjata api (senpi) ilegal dan pipa gading gajah,”ungkapnya.

Dikatakannya, barang bukti senjata api yang dimusnahkan, sebanyak 12 pucuk senjata api laras pendek dan 1 pucuk senpi laras panjang. Barang bukti tersebut, dimusnahkan dengan cara di potong menggunakan mesin potong gerinda.

“Untuk barang bukti pipa gading sebanyak 36 buah, kami musnahkan dengan cara di bakar,”terangnya.

Ditegaskannya, pemusnahan ini dilakukan, untuk menjadi shock teraphy bagi para pengguna, pengedar maupun bandarnya. Ini suatu bukti, bahwa pihaknya bersama instansi terkait lainnya sebagai penegak hukum, sangat intens melakukan penindakan tegas terhadap peredaran narkoba.

Dalam pemusnahan barang bukti tersebut, dihadiri oleh Polresta Bandarlampung, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung, BPPOM Bandarlampung, Kodim 0410 Bandarlampung dan seluruh unsur Forkopimda turut hadir menyaksikan pemusnahan barang bukti tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kajari) Bandarlampung telah memusnahkan barang bukti narkoba jenis ganja, ekstasi, seperangkat alat isap (bong) hasil kejahatan dan obat-obatan tanpa izin edar, di halaman Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), pada Rabu (28/12/2016) lalu.

Barang bukti yang dimusnahkan, berupa ganja sebanyak 110 Kg, sabu-sabu sebanyak 209 gram, ekstasi 1.020 gram, beberapa perangkat alat isap sabu (bong dan pirex) dan puluhan bungkus atau pack obat-obatan tanpa izin edar dan telah memiliki putusan hukum tetap.

Pemusnahan barang bukti tersebut, merupakan berasal dari 197 perkara selama tiga bulan (Oktober-Desember 2016). Barang bukti tersebut, dimusnahkan dengan cara dibakar di masukkan ke dalam mesin Incenerator.